Pengaruh Komunikasi Keluarga dan Pengetahuan Awal terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Tematik Integratif Siswa Kelas IV SD Se-UPK Purwokerto Selatan

Ukhtiana, Yunita (2018) Pengaruh Komunikasi Keluarga dan Pengetahuan Awal terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Tematik Integratif Siswa Kelas IV SD Se-UPK Purwokerto Selatan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
TESIS YUNITA UKHTIANA_15712251035.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh antara komunikasi keluarga dan pengetahuan awal terhadap (1) motivasi belajar tematik-integratif, dan (2) prestasi belajar tematik-integratif siswa kelas kelas IV SD Se-UPK Purwokerto Selatan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Se-UPK Purwokerto Selatan. Sampel sejumlah 90 siswa ditentukan dengan teknik purposive sampling yaitu siswa sekolah yang telah menerapkan Kurikulum 13, terdiri atas 27 siswa kelas IV SD Negeri 4 Teluk dan 63 siswa kelas IV SD Negeri 3 Berkoh (32 siswa kelas IVA dan 31 siswa kelas IVB). Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dan tes. Uji instrumen dilakukan dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data penelitian menggunakan metode regresi linier sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Terdapat pengaruh yang signifikan variabel komunikasi keluarga trehadap motivasi belajar. (2) Tidak terdapat pengaruh signifikan variabel komunikasi keluarga terhadap prestasi belajar tematik-integratif. (3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan variabel pengetahuan awal terhadap motivasi belajar. (4) Terdapat pengaruh signifikan antara variabel pengetahuan awal terhadap prestasi belajar tematik-integratif. (5) Terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara komunikasi keluarga dan variabel pengetahuan awal terhadap motivasi belajar. (6) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara komunikasi keluarga dan variabel pengetahuan awal terhadap prestasi belajar tematik-integratif. Kata Kunci: Komunikasi Keluarga, Pengetahuan Awal, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar Tematik-Integratif

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Date Deposited: 11 Oct 2018 03:00
Last Modified: 08 May 2019 10:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60476

Actions (login required)

View Item View Item