Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SD Negeri Lempuyangwangi dan SD Negeri Ungaran 1 Kota Yogyakarta

Chyntia, Siska Eka (2018) Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SD Negeri Lempuyangwangi dan SD Negeri Ungaran 1 Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
TESIS SISKA EKA CHYNTIA.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (a) konsepsi kepala SD Negeri Lempuyangwangi dan SD Negeri Ungaran 1 Kota Yogyakarta mengenai literasi dan kebijakannya, (b) konsepsi warga SD Negeri Lempuyangwangi dan SD Negeri Ungaran 1 Kota Yogyakarta mengenai literasi yang meliputi guru, pustakawan dan orang tua siswa, (c) pelaksanaan GLS setiap tahap di SD Negeri Lempuyangwangi dan SD Negeri Ungaran 1, dan (d) faktor pendukung konsistensi implementasi GLS di SD Negeri Lempuyangwangi dan SD Negeri Ungaran 1. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif studi kasus dengan desain multi-kasus. Penelitian dilaksanakan di 2 SD yakni SD Negeri Lempuyangwangi dan SD Negeri Ungaran 1 Kota Yogyakarta. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan model Miles and Huberman dan analisis antar kasus. Hasil penelitian ini yaitu: (a) Kepala SD Negeri Lempuyangwangi dan SD Negeri Ungaran 1 memandang literasi sebagai kegiatan yang lebih dari sekedar membaca buku, tetapi juga meliputi cakupan literasi secara lebih luas seperti literasi sains dan matematika. Kendati memiliki konsepsi literasi yang mirip, tetapi kebijakan yang dikeluarkan kedua kepala sekolah terlihat berbeda; (b) warga sekolah yang meliputi guru, pustakawan dan orang tua dan siswa menyebutkan kegiatan membaca buku sebagai kata yang mewakili literasi; (c) Implementasi GLS tahap pembiasaan baik di SD Negeri Lempuyangwangi dan SD Negeri Ungaran 1 terlihat sama yaitu dilakukan dengan kegiatan membaca buku selama 15 menit dengan strategi membaca dalm hati dan membaca nyaring. Adapun pada tahap pengembangan, aktivitasnya pun terlihat hampir sama yaitu kegiatan menulis, membacakan cerita, pelibatan orang tua, dan panggung literasi. Pada tahap pembelajaran, integrasi literasi ditemukan hampir pada setiap langkah pembelajaran; (d) faktor pendukung impelementasi GLS di SD Negeri Lempuyangwangi dan SD Negeri Ungaran 1 yaitu adanya program literasi yang dilaksanakan lebih dulu dibandingkan sekolah lain, ketersediaan sarana prasarana penunjang, kerjasama yang dibangun oleh berbagai pihak dan adanya antusiasme oleh warga sekolah. Kata kunci: GLS, Literasi anak, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Date Deposited: 11 Oct 2018 02:16
Last Modified: 08 May 2019 06:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60474

Actions (login required)

View Item View Item