Pengembangan E-Modul Pengayaan Isolasi dan Karakterisasi Bakteri Sebagai Sumber Belajar Biologi untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA Kelas X di SMA N 1 Jetis, Bantul

Kismiati, Dyah Aniza (2018) Pengembangan E-Modul Pengayaan Isolasi dan Karakterisasi Bakteri Sebagai Sumber Belajar Biologi untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA Kelas X di SMA N 1 Jetis, Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
DYAH ANIZA KISMIATI-16725251003.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan e-modul pengayaan isolasi dan karakterisasi bakteri sebagai sumber belajar biologi; (2) pengaruh penggunaan e-modul pengayaan Isolasi dan Karakterisasi Bakteri dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa di SMA N 1 Jetis, Bantul dan (3) pengaruh penggunaan e-modul pengayaan Isolasi dan Karakterisasi Bakteri dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa di SMA N 1 Jetis, Bantul. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) dan desain non equivalent pretes postes control group. Produk e-modul pengayaan ini divalidasi oleh para dosen ahli, guru biologi, peer reviewer dan juga diujicobakan secara terbatas pada 21 orang siswa kelas XI. Populasi penelitian adalah semua kelas X MIPA di SMA N 1 Jetis, Bantul yang terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian diambil dua kelas berdasarkan teknik pusposive sampling, yaitu kelas X MIPA 5 (sebanyak 26 orang siswa) sebagai kelas kontrol dan kelas X MIPA 1 (sebanyak 28 orang) sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal penilaian hasil belajar kognitif, angket kemandirian belajar siswa, dan lembar observasi kemandirian belajar. Data hasil penelitian di analisis melalui uji normalitas, homogenitas, dan analisis Independent Sample T-Test serta penghitungan Normalized Gain Score (N-Gain Score). Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) E-modul pengayaan isolasi dan karakterisasi bakteri ditinjau dari aspek tampilan, program, pembelajaran, dan kebenaran isi berdasarkan penilaian oleh para reviewer terkategori sangat layak untuk dijadikan sumber belajar biologi; (2) E-modul pengayaan isolasi dan karakterisasi bakteri yang dikembangkan berpengaruh secara signifikan terhadap kemandirian belajar siswa yang dibuktikan dengan nilai signifikansi 0.000 < α 0.05 dan kategori peningkatan sedang dari hasil penghitungan N-Gain Score sebesar 0.307; (3) E-modul pengayaan isolasi dan karakterisasi bakteri berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa yang dibuktikan dengan nilai signifikansi 0.000 < α 0.05 dan kategori peningkatan tinggi dari hasil penghitungan N-Gain Score sebesar 0.846. Kata kunci: E-modul, pengayaan, bakteri, kemandirian belajar, dan hasil belajar kognitif.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Date Deposited: 10 Oct 2018 06:44
Last Modified: 08 May 2019 10:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60454

Actions (login required)

View Item View Item