Implementasi Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar di Kabupaten Gunungkidul

Triastuti, Diana (2018) Implementasi Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar di Kabupaten Gunungkidul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-diana triastuti-15703254015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52MB)

Abstract

Pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan standar pelayanan minimal pendidikan dasar (SPM Dikdas) sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan. Dengan adanya desentralisasi pendidikan maka seluruh kabupaten/kota berkewajiban menyelenggarakan layanan pendidikan yang harus sesuai dengan SPM Dikdas. Kajian implementasi SPM Dikdas di Kabupaten Gunungkidul ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang kemajuan capaian, kendala dan hambatan yang dihadapi dalam implementasi, dampak yang dirasakan, serta proses implementasi, serta peran pemangku kepentingan dalam implementasi SPM Dikdas yang telah dilakukan di Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatitif naturalistik, dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara yang dilakukan secara terpisah dengan metode semi terstruktur (semi-structured interviews), serta observasi dan studi dokumentasi. Trianggulasi data dilakukan dengan model trianggulasi teknik. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan model analisis data interaktif dari Miles, Hubermen, dan Saldana yang membagi kegiatan analisis menjadi empat bagian, yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa. (1) Capaian SPM Dikdas di Kabupaten Gunungkidul telah mengalami peningkatan, namun belum seluruh indikator dapat terpenuhi. (2) Belum terpenuhinya SPM Dikdas di Kabupaten Gunungkidul disebabkan oleh kendala dan hambatan, yang diidentifikasi bersumber dari faktor eksternal maupun faktor internal. Faktor eksternal yang utama adalah adanya berbagai persoalan yang kewenangannya di luar kewenangan pemerintah daerah serta keterbatasan anggaran. Sedangkan faktor internal yang utama adalah belum optimalnya pemahaman dan komitmen, serta peran pemangku kepentingan dalam implementasi SPM Dikdas. (3) Implementasi SPM Dikdas di Kabupaten Gunungkidul telah dirasakan memberi dampak yang cukup signifikan terhadap perencanaan dan penganggaran, serta terhadap peningkatan mutu pendidikan. (4) Proses implementasi SPM Dikdas di Kabupaten Gunungkidul telah dilaksanakan sesuai mekanisme, namun belum dapat secara optimal mendorong pemenuhan SPM Dikdas dalam waktu yang singkat. (5) Pemangku kepentingan pendidikan di Kabupaten Gunungkidul telah berperan dalam implementasi SPM Dikdas, namun demikian masih ada hambatan khususnya terkait dengan komunikasi dan koordinasi di tingkat pemangku kepentingan kabupaten. Kata Kunci: Implementasi; SPM Dikdas; Perencanaan; Penganggaran; Komitmen.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Date Deposited: 10 Oct 2018 02:21
Last Modified: 13 Dec 2022 05:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60434

Actions (login required)

View Item View Item