PENGARUH MOTIVASI, ORIENTASI KARIER DAN PERTIMBANGAN PASAR KERJA ASEAN TERHADAP MINAT MAHASISWA AKUNTANSI UNTUK MENGIKUTI UJIAN CERTIFIED PUBLIC ACCOUNTANT (CPA) INDONESIA (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta)

Fakhruddin, Alif Nur (2018) PENGARUH MOTIVASI, ORIENTASI KARIER DAN PERTIMBANGAN PASAR KERJA ASEAN TERHADAP MINAT MAHASISWA AKUNTANSI UNTUK MENGIKUTI UJIAN CERTIFIED PUBLIC ACCOUNTANT (CPA) INDONESIA (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ALIF NUR FAKHRUDDIN_14812141050.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Gelar, Motivasi Ekonomi, Orientasi Karier dan Pertimbangan Pasar Kerja ASEAN terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta untuk Mengikuti Ujian Certified Public Accountant (CPA) Indonesia. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan didapatkan 148 Mahasiswa. Selanjutnya sampel dihitung kembali menggunakan rumus slovin dan didapatkan hasil 108 Sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan bentuk pernyataan tertutup serta jawaban diukur menggunakan skala linkert. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Motivasi Gelar, Motivasi Ekonomi, Orientasi Karier dan Pertimbangan Pasar Kerja ASEAN berpengaruh terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta untuk Mengikuti Ujian Certified Public Accountant (CPA) Indonesia. Dibuktikan dengan F hitung = 81,020 dan signifikansi = 0,000 serta = 0,741. Persamaan regresi Y = 3,165 - 0,014X1 - 0,037X2 + 1,053X3 + 0,077X4. Dilihat dari tabel coefficients diketahui bahwa Orientasi Karier berkorelasi signifikan, sedangkan Motivasi Gelar, Motivasi Ekonomi dan Pertimbangan Pasar Kerja ASEAN tidak berkorelasi secara signifikan hal ini ditunjukan dari nilai signifikansi (Orientasi Karier = 0,000, Motivasi Gelar = 0.899, Motivasi Ekonomi = 0,064, Pertimbangan Pasar Kerja ASEAN = 0,460). Yang berarti hanya Orientasi Karier yang berpengaruh terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Mengikuti Ujian Certified Public Accountant (CPA). Hal ini disebabkan oleh persepsi mahasiswa yang berbedabeda mengenai Minat Mengikuti Ujian Certified Public Accountant (CPA), ada yang berminat mengikuti dan tidak berminat mengikuti Ujian Certified Public Accountant (CPA). Dari hasil tersebut, minat untuk mengikuti Ujian Certified Public Accountant (CPA) masih perlu ditingkatkan kembali khususnya untuk mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Minat Mengikuti Ujian Certified Public Accountant, Motivasi Gelar, Motivasi Ekonomi, Orientasi Karier, Pertimbangan Pasar Kerja ASEAN.
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 09 Oct 2018 04:15
Last Modified: 30 Jan 2019 17:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60421

Actions (login required)

View Item View Item