Pengaruh Metode Latihan dan Motor Educability terhadap Keterampilan Bermain Sepak Bola

Pambudi, Yudha Rello (2018) Pengaruh Metode Latihan dan Motor Educability terhadap Keterampilan Bermain Sepak Bola. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yudha rello pambudi-16711251086.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh antara metode latihan drill dan metode latihan taktis terhadap keterampilan bermain sepak bola, (2) perbedaan pengaruh antara atlet yang memiliki motor educability tinggi dan rendah teradap keterampilan bermain sepak bola, dan (3) interaksi antara metode latihan dan motor educability terhadap peningkatan keterampilan bermain sepak bola. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan factorial 2 x 2 pada taraf signifikan α = 0,05. Penelitian ini dilaksanakan di Stadion Persijam SSB Siginjai Jambi. Populasi penelitian adalah atlet SSB Siginjai U 14-15 yang berjumlah 56 orang. Sampel berjumlah 32 atlet ditentukan dengan pembagian kelompok 27% batas atas dan 27% batas bawah. Teknik pengumpulan data: (1) Penentuan sampel berdasarkan pada hasil tes motor educability atlet SSB Siginjai Jambi dan (2) Melakukan tes awal (pretest) dan tes akhir (postest) keterampilan bermain sepak bola. Instrumen menggunakan tes Motor Educability (IOWA-Brace Test) memiliki validitas sebesar 0,61 dan reliabilitas sebesar 0,88. Untuk mengukur keteramppilan bermain sepak bola menggunakan instrument pengembangan tes kecakapan “David Lee” oleh Subagyo Irianto memiliki validitas sebesar 0,484 dan reliabilitas sebesar 0,942. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas sampel dengan Kolmogrov Smirnov, uji homogenitas dengan Levene test. Untuk menguji hipotesis, dilakukan dengan menggunakan ANAVA dua Jalur dan uji lanjutan yaitu uji Tukey dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian (1) menunjukkan nilai signifikansi ρ sebesar 0,047 < 0,05, berarti Ho ditolak. Terdapat perbedaan pengaruh metode latihan terhadap keterampilan bermain sepak bola. Metode latihan drill memiliki pengaruh yang lebih baik daripada metode latihan taktis terhadap keterampilan bermain sepak bola; (2) menunjukkan nilai signifikansi ρ sebesar 0,001 < 0,05, berarti Ho ditolak. Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan atlet yang memiliki motor educability tinggi dan motor educability rendah terhadap keterampilan bermain sepak bola. Atlet yang memiliki motor educability tinggi lebih baik daripada atlet yang memiliki motor educability rendah terhadap keterampilan bermain sepak bola; (3) menunjukkan nilai signifikansi ρ sebesar 0,043 < 0,05, berarti Ho ditolak. Ada interaksi yang signifikan antara metode latihan dan motor educability terhadap keterampilan bermain sepak bola. Kata kunci: metode latihan drill, metode latihan taktis, motor educability, keterampilan bermain sepak bola

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Date Deposited: 09 Oct 2018 03:48
Last Modified: 10 Jan 2022 02:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60414

Actions (login required)

View Item View Item