PERBEDAAN KINERJA GURU BERSERTIFIKASI MELALUI PORTOFOLIO DAN GURU YANG BERSERTIFIKASI MELALUI PENDIDIKAN DAN LATIHAN PROFESI GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SE- KECAMATAN BANTUL KABUPATEN BANTUL

Riananda Kesuma, Sheilla (2012) PERBEDAAN KINERJA GURU BERSERTIFIKASI MELALUI PORTOFOLIO DAN GURU YANG BERSERTIFIKASI MELALUI PENDIDIKAN DAN LATIHAN PROFESI GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SE- KECAMATAN BANTUL KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Sheilla Riananda Kesuma.pdf

Download (242kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Kinerja guru bersertifikasi melalui portofolio dalam proses pembelajaran, 2) Kinerja guru bersertifikasi melalui PLPG dalam proses pembelajaran dan 3) perbedaan kinerja guru bersertifikasi melalui portofolio dan guru bersertifikasi melalui PLPG di SMA se- Kecamatan Bantul ditinjau dari kemampuan guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pelaksanaan penelitian ini di SMA se Kecamatan Bantul yaitu: SMA Negeri 1 Bantul, SMA Negeri 2 Bantul, SMA Patria Bantul, SMA 17 I Bantul, SMA MUHIBA. Populasi dalam penelitian ini adalah 108 guru, baik yang bersertifikasi melalui portofolio dan yang bersertifikasi PLPG. Sampel penelitian diambil dengan taraf kesalahan 5% yang diperoleh 48 guru bersertifikasi portofolio dan 36 guru yang bersertifikasi PLPG. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, pedoman observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan instrumen penelitian ini menggunakan uji validitas dengan korelasi product moment dan uji reliabilitas rumus alpha cronbach. Perhitungan dalam uji beda dalam penelitian ini menggunakan uji t. Dengan menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukskan : 1) Kinerja guru bersertifikasi portofolio dalam proses pembelajaran termasuk kategori sangat tinggi dengan nilai mean 117.56, 2) Kinerja guru bersertifikasi PLPG dalam proses pembelajaran termasuk kategori sangat tinggi dengan nilai mean 120.50, 3) Terdapat perbedaan antara kinerja guru bersertifikasi portofolio dan guru bersertifikasi PLPG dalam proses pembelajaran yang ditunjukkan dengan perolehan t tabel > t hitung (2,000 > 2, 021), didukung dengan jumlah mean di atas yang menandakan bahwa kinerja guru bersertifikasi PLPG lebih baik. Kata Kunci : Kinerja guru, Sertifikasi, Portofolio,, PLPG dan Proses pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 20 Mar 2015 03:29
Last Modified: 29 Jan 2019 16:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6041

Actions (login required)

View Item View Item