Pengembangan Model Latihan Menyerang dengan Menggunakan Small-Sided Games 3 Lawan 3 untuk Meningkatkan Ketrampilan Dasar Futsal pada Siswa SMA

Sabdono, Ardhy (2018) Pengembangan Model Latihan Menyerang dengan Menggunakan Small-Sided Games 3 Lawan 3 untuk Meningkatkan Ketrampilan Dasar Futsal pada Siswa SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ardhy sabdono-15711251038.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah model latihan menyerang untuk meningkatkan keterampilan dasar yang layak dan efektif, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai model variasi latihan keterampilan dasar menyerang futsal pada tingkat pelajar SMA. Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan yang diadopsi dan dimodifikasidari Sugiyono. Desain penelitian tersebut yaitu (1) mengidentifikasi masalah, (2) mengumpulkan data, (3) mengembangkan produk, (4) validasi desain produk, (5) revisi desain produk, (6) uji coba produk skala kecil, (7) revisi produk, (8) ujicoba produk skala besar, (9) uji efektifitas. Subjek penelitian ini adalah 4 sekolah SMA Negeri yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah, yang diambil secara random. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan data kualitatif, kuantitatif dan uji Paired sampel t test. Hasil penelitian adalah (1) telah tersusunnya 5 model latihan menyerang menggunakan small-sided games untuk meningkatkan keterampilan dasar futsal yang sesuai dengan program latihan (CVR=1), (2) hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa kualitas model yang dikembangkan memiliki nilai “Sangat Baik”, dan (3) berdasarkan hasil uji efektivitas model terdapat peningkatan yang efektif terhadap kelima element keterampilan dasar yaitu mean pretest = 76.77 , pertemuan 1 = 75.88, pertemuan 2 = 74.65, pertemuan 3 = 72.82, pertemuan 4/postest = 71.32. Kata Kunci: model latihan menyerang, keterampilan dasar, small-sided games, permainan futsal.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Date Deposited: 08 Oct 2018 04:26
Last Modified: 06 Jan 2022 03:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60384

Actions (login required)

View Item View Item