Faktor- faktor yang Berhubungan dengan Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru Ekonomi SMA Negeri Se-Kabupaten Sleman

Pramatarindya, Mezzayu Luna (2018) Faktor- faktor yang Berhubungan dengan Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru Ekonomi SMA Negeri Se-Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
TESIS_MEZZAYU LUNA PRAMATARINDYA_15719251005.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (A) hubungan positif (1) pelatihan; (2) kepemimpinan kepala sekolah; (3) motivasi; (4) kompensasi; (5) etos kerja; (6) pemanfaatan teknologi, informasi dan komunikasi dengan kompetensi profesional; serta (B) hubungan positif (7) teori belajar; (8) strategi pembelajaran; (9) pengembangan kurikulum; (10) komunikasi peserta didik; (11) potensi peserta didik; (12) karakteristik siswa; serta (13) evaluasi dengan kompetensi pedagogik guru ekonomi SMA Negeri se-Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dan berdasarkan tingkat eksplanasinya termasuk asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian sekaligus sebagai subjek penelitian adalah 30 guru yang mengampu mata pelajaran ekonomi di SMA negeri se-Kabupaten Sleman. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Uji validitas instrumen angket adalah uji validitas konstruk dan dianalisis menggunakan Confirmatory Analysis Factor (CFA) dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dengan kriteria reliabel > 0, 600. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan: (A) (1) pelatihan memiliki hubungan positif dengan kompetensi profesional, dengan nilai r (0,406); (2) kepemimpinan kepala sekolah memiliki hubungan positif dengan kompetensi profesional, dengan nilai r (0,438); (3) motivasi memiliki hubungan positif dengan kompetensi profesional, dengan nilai r (0,418); (4) kompensasi memiliki hubungan positif dengan kompetensi profesional, dengan nilai r (0,483); (5) etos kerja memiliki hubungan positif dengan kompetensi profesional, dengan nilai r (0,557); (6) pemanfaatan teknologi, informasi dan komunikasi memiliki hubungan positif dengan kompetensi profesional, dengan nilai r (693); serta (B) (7) teori belajar memiliki hubungan positif dengan kompetensi pedagogik, dengan nilai r (0,638); (8) strategi pembelajaran memiliki hubungan positif dengan kompetensi pedagogik, dengan nilai r (0,742); (9) pengembangan kurikulum memiliki hubungan positif dengan kompetensi pedagogik, dengan nilai r (0,548); (10) komunikasi peserta didik memiliki hubungan positif dengan kompetensi pedagogik, dengan nilai r (0,677); (11) potensi peserta didik memiliki hubungan positif dengan kompetensi pedagogik, dengan nilai r (0,687); (12) karakteristik siswa memiliki hubungan positif dengan kompetensi pedagogik, dengan nilai r (0,577); (13) evaluasi memiliki hubungan positif dengan kompetensi pedagogik, dengan nilai r (0,653). Kata Kunci: kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, guru ekonomi.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi
Date Deposited: 08 Oct 2018 01:41
Last Modified: 08 May 2019 10:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60381

Actions (login required)

View Item View Item