Pengaruh Prestasi Belajar Kewirausahaan,Motivasi Berprestasidan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa FKIP dan FEB Universitas Jambi

Ardiani, Nina (2018) Pengaruh Prestasi Belajar Kewirausahaan,Motivasi Berprestasidan Lingkungan Keluarga terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa FKIP dan FEB Universitas Jambi. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nina ardiani-15719251007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) prestasi belajar kewirausahaan terhadap minat berwirausaha;( 2) motivasi berprestasi terhadap minat berwirausaha;(3) lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha;(4) pendidikan kewirausahaan, motivasi berprestasi, dan lingkungan keluarga secara bersama-sama terhadap minat berwirausaha mahasiswa FKIP dan FEB Universitas Jambi Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto.Tempat pelaksanaan penelitian ini di Universitas Jambi. Populasi dalam penelitian ini adalah 235 mahasiswa angkatan 2015 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin sejumlah 148 mahasiswa dan teknik sampel yang digunakan adalahproporsional cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi.Uji validitas instrumen menggunakan confirmatory factor analysis (CFA) serta uji reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan prestasi belajar kewirausahaan terhadap minat berwirausaha,dan besarnya pengaruh tersebut 4,3%, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikanmotivasi berprestasi terhadap minat berwirausaha, dan besarnya pengaruh tersebut 3,7% , (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha, dan besarnya pengaruh tersebut (4,3%), (4) terdapat pengaruh prestasi belajar kewirausahaan, motivasi berprestasi, dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha,dan besarnya pengaruh tersebut 10,7%. Artinya bahwa minat berwirausaha mahasiswa secara bersama - sama dipengaruhi oleh prestasi belajar kewirausahaan, motivasi berprestasi, dan lingkungan keluarga, dan besarnya pengaruh tersebut 10,7%. Sementara itu sisanya yang 89% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Minat Berwirausaha, Prestasi Belajar Kewirausahaan, Motivasi Berprestasi, Lingkungan Keluarga.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 Oct 2018 07:08
Last Modified: 12 Oct 2022 02:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60375

Actions (login required)

View Item View Item