Keefektifan Penggunaan Rapid Typing dan Typing Master untuk Meningkatkan Keterampilan Mengetik Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran Kelas X SMK N 7 Yogyakarta

Ikhsananto, Aan (2018) Keefektifan Penggunaan Rapid Typing dan Typing Master untuk Meningkatkan Keterampilan Mengetik Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran Kelas X SMK N 7 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Tesis Aan.swf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan penerapan rapid typing dan typing master terhadap keterampilan mengetik siswa, dan (2) perbedaan keefektifan penerapan rapid typing dan typing master dalam meningkatkan keterampilan mengetik siswa mata pelajaran teknologi perkantoran kelas X di SMK N 7 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen (quasi experiment research), dengan sasaran siswa kelas X program keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) di SMK N 7 Yogyakarta. Responden sebanyak 62 siswa, terdiri dari 30 siswa sebagai kelompok eksperimen 1 dan 32 siswa sebagai kelompok eksperiment 2 yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Kelompok eksperimen 1 diberikan perlakuan penerapan rapid typing, sedangkan kelompok eksperimen 2 diberi perlakuan penerapan typing master. Teknik pengumpulan data menggunakan uji keterampilan mengetik. Data penelitian diperoleh dari hasil ujian pada saat sebelum dan sesudah pembelajaran. Data kemudian dianalisis dengan uji statistics dan uji MANOVA (Multivariate Analysis of Variance) untuk mengetahui perbedaan dan keefektifan antara kelompok eksperimen 1 dan kelompok eksperimen 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan keterampilan mengetik siswa dengan pembelajaran yang menggunakan rapid typing dan typing master. (2) Penerapan rapid typing lebih efektif dibandingkan dengan penerapan typing master dalam meningkatkan keterampilan mengetik siswa. Dibuktikan dengan hasil multivariate test menunjukkan bahwa signifikansi sebesar 0,013 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan penerapan rapid typing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan mengetik siswa. Kata Kunci: Keefektifan, rapid typing, typing master, keterampilan mengetik.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi
Date Deposited: 05 Oct 2018 06:55
Last Modified: 08 May 2019 06:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60374

Actions (login required)

View Item View Item