Hardiana, Maulidia Tifani Alfin Nur (2018) Keefektifan Model Frayer dan Visual, Auditory, Kinesthetic dalam Pembelajaran Menulis Ringkasan Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
TESIS.pdf.swf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) keefektifan model Frayer dibandingkan model konvensional; (2) keefektifan model VAK dibandingkan model konvensional; (3) keefektifan model Frayer dibandingkan model VAK; dan (4) model yang paling efektif di antara model Frayer, model VAK, dan model konvensional dalam pembelajaran menulis ringkasan. Metode penelitian ini adalah quasi experiment dengan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah 331 siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster simple random sampling. Berdasarkan penentuan tersebut diperoleh bahwa kelas VIII-B sebagai kelompok eksperimen 1, kelas VIII-J sebagai kelompok eksperimen 2, dan kelas VIII-A sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan metode nontes berupa penugasan menulis ringkasan dan pengamatan. Validitas yang digunakan adalah validitas isi yang dikonsultasikan kepada ahli. Reliabilitas instrumen dianalisis menggunakan rumus Alpha Cronbach dan hasil perhitungan menunjukkan nilai 0,785. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varians satu jalan yang dilanjutkan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model Frayer lebih efektif dibandingkan model konvensional dalam pembelajaran menulis ringkasan terbukti dari hasil uji Scheffe diperoleh mean difference sebesar 9,655 dan signifikan dengan nilai p (p<0,05). (2) Model VAK lebih efektif dibandingkan model konvensional dalam pembelajaran menulis ringkasan terbukti dari hasil uji Scheffe diperoleh mean difference sebesar 4,594 dan signifikan dengan nilai p (p<0,05). (3) Model Frayer lebih efektif dibandingkan model VAK dalam pembelajaran menulis ringkasan terbukti dari hasil uji Scheffe diperoleh mean difference sebesar 5,061 dan signifikan dengan nilai p (p<0,05). (4) Model Frayer merupakan model yang paling efektif dibandingkan model VAK dan model konvensional terbukti dari hasil uji Scheffe KE1, KE2, dan KE. Selain itu, nilai rata-rata pada KE1 mengalami kenaikan sebesar 11,93, KE2 sebesar 6,47, dan KK sebesar 5,88. Berdasarkan penelitian tersebut, urutan keefektifan ketiga model tersebut adalah model Frayer, model VAK, dan model konvensional. Kata kunci: Frayer, keefektifan, menulis, model, ringkasan, teks, VAK
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Pasca Sarjana |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Date Deposited: | 04 Oct 2018 07:33 |
Last Modified: | 08 May 2019 06:50 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60358 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |