Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada Materi Laju Reaksi terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa SMA

Dewi, Ni Putu Laksmi Cintya (2018) Penerapan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada Materi Laju Reaksi terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
THESIS.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada materi laju reaksi terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains (KPS) siswa SMA. Metode penelitian menggunakan quasi-eksperimen dengan desain posttest only control group design. Jumlah populasi yang sebanyak sekolah yang setara di Kabupaten Bantul. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive random sampling, sehingga memperoleh 63 siswa dimana terdapat dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan menggunakan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) dan kelas kontrol menggunakan pendekatan saintifik. Instrumen penelitian divalidasi oleh 2 orang dosen, serta diujicobakan dengan melihat respon peserta tes. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi, instrumen hasil belajar kognitif berbentuk soal pilihan ganda dan instrumen keterampilan proses sains berbentuk soal uraian. Teknik analisis data berupa MANOVA dengan bantuan program SPSS. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) ada pengaruh penerapan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada materi laju reaksi terhadap hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains (KPS) siswa SMA; 2) ada perbedaan signifikan penerapan Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap hasil belajar siswa; 3) ada perbedaan signifikan penerapan Sains Teknologi Masyarakat (STM) terhadap keterampilan proses sains siswa; 4) penerapan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) lebih baik pada saat kondisi pengajaran teori dibandingkan pengajaran praktikum. Kata Kunci: hasil belajar kognitif, pendidikan kimia, pendekatan saintifik, pendekatan Sains Teknologi Masyarajat (STM).

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Kimia
Date Deposited: 04 Oct 2018 02:51
Last Modified: 08 May 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60347

Actions (login required)

View Item View Item