PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERMAINAN DOMI NUMBERS PADA ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR I DI SLB WIYATA DHARMA III

Nilamsari, Anggraeni (2012) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERMAINAN DOMI NUMBERS PADA ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR I DI SLB WIYATA DHARMA III. D3 thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
7.Abstrak.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika tentang penjumlahan dan pengurangan pada anak tunarungu kelas dasar I di SLB Wiyata Dharma III dengan menggunakan metode permainan Domi Numbers. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research), dengan subjek penelitian sebanyak 2 siswa tunarungu kelas dasar I. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, siklus pertama terdiri dari 4 kali pertemuan dilakukan 3 kali tindakan dan siklus kedua terdiri dari 3 kali pertemuan dilakukan 2 kali tindakan. Setiap siklus diakhiri dengan kegiatan post test. Pelaksanaan siklus II berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan pada siklus I, yaitu belum tercapainya kriteria ketuntasan minimal (KKM) dalam penelitian yang telah ditentukan. Siklus II merupakan perbaikan tindakan yang telah dilakukan pada siklus I. Pembelajaran dengan metode permainan Domi Numbers untuk anak tunarungu dalam penelitian ini merupakan kegiatan untuk memasangkan satu per satu kartu Domi Numbers yang berdesain penjumlahan ataupun pengurangan sesuai dengan pasangannya secara bergiliran. Siswa harus menghitung terlebih dahulu penjumlahan ataupun pengurangan yang terdapat pada kartu, setelah mengetahui hasilnya maka siswa harus mencari pasangan kartu berdasarkan hasil yang diperoleh tersebut. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode permainan Domi Numbers dapat meningkatkan prestasi belajar matematika tentang penjumlahan dan pengurangan pada anak tunarungu. Peningkatan prestasi belajar matematika dengan metode permainan Domi Numbers ini dibuktikan dari hasil post test I nilai yang diperoleh WA sebesar 67 dan nilai yang diperoleh OI sebesar 53. Pada post test II nilai yang diperoleh WA yaitu 87 dan nilai yang diperoleh OI yaitu 80. Besarnya peningkatan prestasi belajar matematika tentang penjumlahan dan pengurangan secara keseluruhan yaitu subjek WA dan OI sama-sama meningkat 72%. Nilai post test II yang diperoleh sudah mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 65 dan keberhasilan dalam penguasaan materi dengan pencapaian di atas 65%. Kata kunci : tunarungu, prestasi belajar, metode permainan Domi Numbers

Item Type: Thesis (D3)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 19 Sep 2012 12:13
Last Modified: 29 Jan 2019 01:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6034

Actions (login required)

View Item View Item