Pengaruh Metode Latihan (Whole Part dan Mini Games) Dengan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Kemampuan Passing Bawah Bola Voli

Pratama, Yudi (2018) Pengaruh Metode Latihan (Whole Part dan Mini Games) Dengan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Kemampuan Passing Bawah Bola Voli. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yudi pratama-16711251085.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan pengaruh antara metode latihan whole part dan metode latihan mini games terhadap kemampuan passing bawah bola voli, 2) perbedaan pengaruh antara siswa yang memiliki koordinasi mata tangan tinggi dan rendah terhadap kemampuan passing bawah bola voli, dan 3) interaksi antara metode latihan dan koordinasi mata tangan terhadap peningkatan kemampuan passing bawah bola voli. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan factorial 2 x 2 pada taraf signifikan α = 0,05. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri Kota Jambi. Sampel berjumlah 32 orang siswa ditentukan dengan pembagian kelompok 27% batas atas dan 27% batas bawah. Teknik pengumpulan data: 1) Penentuan sampel berdasarkan pada hasil tes koordinasi mata tangan siswa ekstrakurikuler SMP Negeri di Kota Jambi dan 2) Melakukan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) kemampuan passing bawah bola voli. Instrumen menggunakan 2 Tes yaitu Tes Lempar Tangkap Bola Tenis dengan validitas (0,812) dan reliabilitas (0,880). Tes Passing Fenanlampir dan Faruq dengan validitas (0,783) dan reliabilitas (0,820). Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian: 1) menunjukkan nilai signikansi ρ sebesar 0,006 < 0,05, berarti Ho ditolak. Terdapat perbedaan pengaruh antara latihan whole part dan latihan mini games terhadap kemampuan passing bawah bola voli. Latihan mini games memiliki pengaruh yang lebih baik daripada latihan whole part terhadap kemampuan passing bawah bola voli, 2) menunjukkan nilai signikansi ρ sebesar 0,000 < 0,05, berarti Ho ditolak. Terdapat perbedaan pengaruh antara siswa yang memiliki koordinasi mata tangan tinggi dan rendah terhadap kemampuan passing bawah bola voli. Siswa yang memiliki koordinasi mata tangan tinggi lebih baik daripada siswa yang memiliki koordinasi mata tangan rendah terhadap kemampuan passing bawah bola voli, 3) menunjukkan nilai signikansi ρ sebesar 0,015 < 0,05, berarti Ho ditolak. Ada interaksi yang signifikan antara metode latihan dan koordinasi mata tangan terhadap kemampuan passing bawah bola voli. Kata kunci: metode latihan whole part, metode latihan mini games, kemampuan passing bawah bola voli.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Date Deposited: 03 Oct 2018 08:54
Last Modified: 10 Jan 2022 03:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60335

Actions (login required)

View Item View Item