Pengembangan Aplikasi Android sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Mahasiswa Thailand untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Tesis

Areeyoo, Miss Nussree (2018) Pengembangan Aplikasi Android sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Mahasiswa Thailand untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Tesis. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Nussree thesissss-compressed.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengkapkan kelayakan media pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis android untuk mahasiswa Thailand, dan (2) mengkapkan keefektifan media pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis android untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa Thailand. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan prosedur pengembangan Borg and Gall yang meliputi lima tahap bagian besar, yang dilakukan dalam penelitian ini, yaitu (1) studi pendahuluan (2) perencanaan, (3) mengembangkan produk (4) Tahap Uji Coba Produk dan Revisi Produk, dan (5) produk akhir. Instrumen pengumpulan data terdiri atas lembar observasi, wawancara, dan angket. Kelayakkan instrumen menggunakan skala bertingkat dengan skor 1-5. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa Thailand yang kuliah di Yogyakarta. Validator dalam penelitian ini terdiri atas, satu orang ahli materi ,satu orang ahli media, tiga orang mahasiswa Thailand sebagai subjek uji coba kelompok kecil, dan 20 orang mahasiswa uji coba kelompok besar. Hasil penelitian menunjukkan aplikasi media pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis android yang terdiri tiga level untuk dipelajari, dan dalam setiap level disajikan tiga bagian yaitu materi vedio dan evaluasi. Ditinjau dari pada aspek affective considerations, aspek pembelajaran, aspek tampilan multimedia, aspek navigasi, dan aspek robustness,media pembelajaran yang dikembangkan tersebut mendapatkan rata-rata skor 3,4. Skor ini berada pada rentang baik (B). Ada perbedaan yang signifikan dalam peningkatan motivasi belajar mahasiswa Thailand yang belajar menggunakan media pembelajaran tersebut sebelum dan setelah belajar, dengan nilai signifikansi kurang 0,05 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa aplikasi media pembelajaran Bahasa Indonesia yang dikembangkan tersebut efektif digunakan sebagai alternatif media pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa Thailand. Kata kunci: android, asing, Bahasa Indonesia, media , motivasi ,penutur

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Date Deposited: 03 Oct 2018 07:37
Last Modified: 08 May 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60327

Actions (login required)

View Item View Item