Pengembangan E-Modul Berbasis Masalah pada Materi Sistem Saraf untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 1 Pakem,Sleman

Susanti, Ludiana Septi (2018) Pengembangan E-Modul Berbasis Masalah pada Materi Sistem Saraf untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 1 Pakem,Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Ludiana Septi Susanti_15725251008-compressed.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan produk berupa e-modul berbasis masalah pada materi sistem saraf yang layak untuk kelas XI di SMA Negeri 1 Pakem, (2) mengetahui pengaruh e-modul berbasis masalah pada materi sistem saraf untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas XI di SMA N 1 Pakem, dan (3) mengembangkan e-modul berbasis masalah pada materi sistem saraf untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas XI di SMA N 1 Pakem. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Design and Development Research (DDR) meliputi: (a) identifying the problems, (b) describing the objectives, (c) designing and developing product (d) testing and evaluating product, (e) communicating the testing result. Subyek uji coba terdiri atas 116 orang dengan rincian, 23 orang peserta didik kelas XII MIPA 4 , 30 orang peserta didik kelas XI MIPA 2 di SMA Negeri 1 Prambanan untuk uji empiris dan uji coba kelompok kecil, 31 orang peserta didik kelas XI MIPA 3 untuk kelas eksperimen (perlakuan), dan 32 orang peserta didik kelas XI MIPA 2 untuk kelas kontrol untuk uji coba kelompok besar di SMA N 1 Pakem. Pengumpulan data melalui penilaian lembar angket oleh ahli pembelajaran Biologi, ahli materi, ahli media, lembar angket tanggapan dari guru, teman sejawat dan peserta didik, lembar soal pre-test dan post-test, lembar angket kemandirian belajar, dan lembar keterlaksaan RPP. Analisis data menggunakan uji beda independent sample t-Test dengan taraf signifikansi 0,05 pada pengukuran pemahaman konsep dan Mann Whitney test untuk pengukuran kemandirian belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis masalah pada materi sistem saraf menurut ahli pembelajaran Biologi, ahli materi, ahli media, guru Biologi dan peer reviewer dan peserta didik dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Penggunaan e-modul berbasis masalah pada materi sistem saraf dalam pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman konsep dan kemandirian belajar peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Pakem. Kata kunci: e-modul, pembelajaran berbasis masalah, sistem saraf, pemahaman konsep, kemandirian belajar

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Date Deposited: 03 Oct 2018 06:57
Last Modified: 08 May 2019 06:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60321

Actions (login required)

View Item View Item