Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Metakognitif Berorientasi pada Kemampuan Literasi Matematika dan Sikap Matematis Siswa SMP

Syahdan, Rahmanita (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Metakognitif Berorientasi pada Kemampuan Literasi Matematika dan Sikap Matematis Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Tesis_RAHMANITA SYAHDAN_16709251013.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan metakognitif yang berkualitas baik dengan kriteria valid, praktis, dan efektif berorientasi pada kemampuan literasi matematika dan sikap matematis siswa SMP. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Plomp yang mencakup tiga tahap, yaitu: 1) tahap penelitian awal, 2) tahap pengembangan, dan 3) tahap penilaian. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas VII G SMP Negeri 16 Yogyakarta. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi, lembar penilaian perangkat pembelajaran oleh guru, angket penilaian kepraktisan perangkat pembelajaran oleh siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes kemampuan literasi matematika, dan angket sikap matematis siswa. Analisis data kevalidan dan kepraktisan dilakukan dengan cara mengkonversi data kuantitatif berupa skor hasil penilaian menjadi data kualitatif dalam bentuk skala lima. Analisis data keefektifan dilakukan dengan menentukan persentase ketuntasan siswa pada tes kemampuan literasi matematika dan persentase siswa yang memiliki sikap matematis dengan kriteria minimal “tinggi”. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan metakognitif yang terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang valid, praktis, dan efektif berorientasi pada kemampuan literasi matematika dan sikap matematis siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan, baik RPP dan LKS memiliki kriteria valid berdasarkan penilaian para ahli. Perangkat pembelajaran mencapai kriteria praktis berdasarkan penilaian guru, penilaian siswa, dan persentase keterlaksanaan pembelajaran lebih dari 80%. Perangkat pembelajaran mencapai kriteria efektif ditinjau dari tes kemampuan literasi matematika dan sikap matematis siswa. Persentase siswa yang mencapai nilai KKM yaitu 75%. Total skor angket sikap matematis siswa akhir lebih dari total skor angket sikap matematis siswa awal dan banyaknya siswa yang mencapai kriteria minimal tinggi adalah 94%. Kata Kunci: pendekatan metakognitif, kemampuan literasi matematika, sikap matematis siswa

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Date Deposited: 02 Oct 2018 07:57
Last Modified: 08 May 2019 06:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60245

Actions (login required)

View Item View Item