Efektivitas Model Problem-Based Learning dan Inquiry-Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah dan Keterampilan Metakognisi Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP

Izzati, Lihar Raudina (2018) Efektivitas Model Problem-Based Learning dan Inquiry-Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah dan Keterampilan Metakognisi Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
TESIS_LIHAR RAUDINA IZZATI_16709251046.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan: (1) keefektifan pembelajaran matematika dengan model Problem-Based Learning (PBL) dan Inquiry-Based Learning (IBL) ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan metakognisi pada siswa, dan (2) perbandingan antara model PBL dan IBL ditinjau dari gaya kognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan metakognisi pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang populasinya mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ungaran. Kelas VIII H dan VIII I dipilih sebagai sampel. Kemudian kedua kelas yang terpilih secara acak untuk dijadikan sebagai kelompok PBL dan kelompok IBL. Kelas VIII H sebagai kelas IBL, sedangkan kelas VIII I sebagai kelas PBL. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018 dari bulan Maret sampai dengan Mei 2018. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan angket. Pengukuran efektivitas pembelajaran dengan model PBL dan model IBL menggunakan one sample t-test. Perbedaan keadaan siswa sebelum perlakuan dan perbandingan efektivitas diukur menggunakan MANOVA. Hasil penelitian pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa model PBL dan IBL efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan metakognisi, tidak terdapat perbedaan keefektifan antara model PBL dan IBL ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan metakognisi, terdapat perbedaan antara kedua kelompok gaya kognitif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan metakognisi, terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan gaya kognitif pada kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan metakognisi. Kata Kunci: gaya, IBL, kemampuan, kognitif, masalah, metakognisi, model, PBL

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Date Deposited: 02 Oct 2018 07:24
Last Modified: 08 May 2019 06:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60242

Actions (login required)

View Item View Item