Pengaruh Diklat pada Guru, Komitmen dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kompetensi Pedagogik Guru di SMA Negeri se-Kecamatan Tapaktuan, Provinsi Aceh

Sari, Yani Muriyan (2018) Pengaruh Diklat pada Guru, Komitmen dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kompetensi Pedagogik Guru di SMA Negeri se-Kecamatan Tapaktuan, Provinsi Aceh. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yani muriyan sari-16703251028.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap sebesarap besar pengaruh diklat, komitmen dan motivasi kerja guru terhadap kompetensi pedagogik guru di SMA se Kecamatan Tapaktuan, Provinsi Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitianexpos facto. Pada penelitian ini menggunakan sampel jenuh, sehingga semua populasi sebagai sampel yang berjumlah 86 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesinoer dengan validitas item yang mendapat pertimbangan ahli dan uji empirik. Kemudian menguji reliabilitas instrumen dengan teknik Alpha_Cronbach. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji hipotesis dengan teknik analisis jalur atau path analysis. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa semua variabel berpengaruh positif dan signifikan, diklat memiliki pengaruh yang positif secara langsung dan pengaruh tidak langsung terhadap kompetensi pedagogik. Komitmen memiliki pengaruh yang positif secara langsung dan pengaruh tidak langsung terhadap kompetensi pedagogik. Sedangkan motivasi kerja guru sebagai variabel intervening memiliki pengaruh langsung terhadap kompetensi pedagogik. Hal ini menjelaskan secara bersama-sama bahwa diklat, komitmen dan motivasi kerja guru berpengaruh terhadap kompetensi pedagogik guru. Kata Kunci: diklat, komitmen, motivasi kerja guru, kompetensi pedagogik

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Date Deposited: 02 Oct 2018 04:30
Last Modified: 13 Dec 2022 03:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60239

Actions (login required)

View Item View Item