Perbaikan Tata Letak Penempatan Spare Part dengan Metode “Class Based Moving Part Storage Policy” pada Gudang Spare Part PT. Wahana Sun Solo (Indomobil Nissan Datsun Jebres, Surakarta)

Nugroho, Bayu Purwo (2018) Perbaikan Tata Letak Penempatan Spare Part dengan Metode “Class Based Moving Part Storage Policy” pada Gudang Spare Part PT. Wahana Sun Solo (Indomobil Nissan Datsun Jebres, Surakarta). S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
LAPORAN TUGAS AKHIR Full Text(1).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Perbaikan Tata Letak Penempatan Spare Part di Gudang Penyimpanan Spare Part dengan metode “Class Based Moving Part Storage Policy”merupakan perbaikan tata letak penempatan sparepart menggunakan metodepenambahan luas gudang dan melakukan klasifikasi sparepart berdasarkan sirkulasi keluarnya barang dengan membagi beberapa kelas yaitu kelas A sebagai kelas Fast moving dan Kelas B sebagai kelas Slow moving. Penempatan kelas diurutkan sesuai klasifikasi part moving untuk kelas A fast moving berada dekat dengan part counter sedangkan kelas B berada setelahnya. Tujuan perbaikan tata letak penempatan adalah lebih mengefektifkan ruang , memudahkan akses penyimpanan dan pendistribusian serta meminimasi jarak tempuh sehingga lebih efien waktu dan jarak tempuh dalam penyimpanan maupun pendistribusian Proses perbaikan tata letak dan penempatan sparepart dengan metode class based moving storage policy terdiri dari Proses identifikasi , Proses persiapan terdiri dari Pendataan dan penelompokan sparepart,pengukuran jumlah luasan yang diperlukan dalam perbaikan tata letak dan penempatan Spare Part dengan metode Class based moving part pada gudang Spare Part, Proses pembuatan desain , Proses evaluasi , Proses implementasi dan diakhiri Proses pengujan Dari hasil pengujian setelah dilakukan implementasi didapatkan hasil efien waktu penyimpanan sebesar 60% untuk fast moving dan 81% untuk slow moving ,efisien waktu pendistribusian sebesar 70% dan 41%. Sedangkan efisien travel distance penyimpanan 18,4% untuk fast moving dan 18,9% untuk slow moving dan pendistribusian sebesar 21% untuk fast moving dan 28% untuk slow moving dan memiliki score penilaian sebesar 117 untuk sebelum dan 258 sesudah dilakukan perbaikan tata letak. Dapat disimpulkan perbaikan tata letak dan penempatan sparepart dengan metode class based moving part storage policy lebih baik dari tata letak sebelumnya sehingga dapat meningkatkan produktivitas gudang dan produktifitas produksi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: gudang, sparepart, tata letak dan penempatan, class based moving part storage policy, efisien waktu dan travel distance
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 04 Oct 2018 02:57
Last Modified: 30 Jan 2019 17:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60232

Actions (login required)

View Item View Item