Pengembangan Media Buku Flanel Berbasis Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Empati dan Kemampuan Bercerita Anak Usia 5 – 6 Tahun

Dheasari, Agustiarini Eka (2018) Pengembangan Media Buku Flanel Berbasis Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Empati dan Kemampuan Bercerita Anak Usia 5 – 6 Tahun. S2 thesis, UNY.

[img] Text
FULL Tesis.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan desain media buku flanel seri yang layak menurut ahli untuk meningkatkan kemampuan bercerita dan empati anak usia 5 – 6 tahun, dan (2) menghasilkan media yang efektif dan layak untuk meningkatkan kemampuan bercerita dan empati anak kelompok B. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation, Evaluate) yang dikembangkan oleh Branch. Pengujian produk dilakukan dengan Quasi Experiment Design (eksperimen semu). Desain rancangan penelitian menggunakan Pretest Posttest Control Group Design. Subjek uji coba produk terdiri dari 80 anak kelompok B TK Muslimat NU Sumbersuko 01 dan TK Dharma Wanita Kabupaten Lumajang. Subjek uji coba produk terdiri dari kelompok kontrol sebanyak 40 anak kelompok B TK Dharma Wanita Kabupaten Lumajang dan kelompok eksperimen sebanyak 40 anak kelompok B TK Muslimat NU Sumbersuko 01. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar validasi, angket penilaian guru, dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan Independent t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan menurut ahli materi termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dan ahli media termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan bercerita dan empati anak pada hasil akhir antara post perlakuan kelompok kontrol yang tidak menggunakan media buku flanel dengan post perlakuan kelompok eksperimen yang menggunakan media buku flanel. Nilai sig (2-tailed) pada kemampuan bercerita adalah sebesar 0,000 dan empati anak memperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan bercerita dan empati untuk anak, karena nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil (<0,05). Pada penelitian kemampuan bercerita anak ditekankan pada kemampuan menceritakan kembali isi cerita. Kata Kunci: media buku flanel, cerita rakyat, kemampuan bercerita, empati, anak.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Date Deposited: 01 Oct 2018 06:49
Last Modified: 08 May 2019 03:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60224

Actions (login required)

View Item View Item