Pengembangan Bahan Ajar Matematika SMP Kelas VIII Semester Genap dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berorientasi pada Kemampuan Komunikasi dan Kemampuan Generalisasi Matematis Siswa

Suwanto, Fevi Rahmawati (2018) Pengembangan Bahan Ajar Matematika SMP Kelas VIII Semester Genap dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berorientasi pada Kemampuan Komunikasi dan Kemampuan Generalisasi Matematis Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Tesis - Fevi Rahmawati Suwanto - 16709251005.swf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan buku teks matematika siswa kelas VIII dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik berorientasi pada kemampuan komunikasi dan kemampuan generalisasi. Kualitas buku teks yang dikembangkan didasarkan pada kriteria Nieveen yaitu valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas VIIIc SMPN 12 Yogyakarta. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar penilaian untuk guru dan siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, soal tes kemampuan komunikasi matematis, dan soal tes kemampuan generalisasi matematis. Produk buku teks dikatakan valid jikapenilaian validator minimal berkategori ‘baik’. Produk buku teks dikatakan praktis jika penilaian guru dan siswa minimal berkategori ‘baik’. Produk buku teks dikatakan efektif jika minimal 75% siswa minimal berada pada kategori ‘baik’ pada tes kemampuan komunikasi dan kemampuan generalisasi matematis. Hasil penelitian pengembangan ini menghasilkan buku teks matematika siswa kelas VIII dengan pendekatan pendidikan matematika realistik berorientasi pada kemampuan komunikasi dan kemampuan generalisasi yang valid, praktis, dan efektif. Buku teks memuat lima karakteristik Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik meliputi eksplorasi fenomenologi, menjembatani dengan instrumen vertikal, kontruksi dan produksi siswa, interaktivitas, dan keterkaitan. Interaktivitas dengan perintah dan langkah yang jelas dalam bentuk diskusi kelompok pada buku teks memfasilitasi kemampuan komunikasi siswa. Kemudian, eksplorasi fenomenologi melalui alur kegiatan pemberian lebih dari satu konteks permasalahan, identifikasi kesamaan pola atau strategi hingga penarikan kesimpulan terkait materi pada buku teks memfasilitasi kemampuan generalisasi siswa. Hasil penilaian buku teks oleh validator memenuhi kategori kevalidan yaitu ‘sangat baik’. Hasil penilaian buku teks oleh guru dan siswa masing-masing memenuhi kategori kepraktisan, yaitu ‘sangat baik’ dan ‘baik’. Kedua hasil tes juga menunjukkan bahwa buku teks efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi dan kemampuan generalisasi matematis siswa. Persentase banyaknya siswa yang minimal berada pada kategori baik mencapai 86,67% untuk kemampuan komunikasi dan 93,33% untuk kemampuan generalisasi matematis. Kata Kunci: Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik, kemampuan komunikasi, kemampuan generalisasi

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Date Deposited: 28 Sep 2018 02:58
Last Modified: 08 May 2019 06:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60207

Actions (login required)

View Item View Item