Social E-Book Reader : Pengembangan dan Analisis Kualitas Model Interaksi User Interface E-Book Reader Berbasis Social Learning Berdasarkan User Experience

Nurlansa, Osiany (2018) Social E-Book Reader : Pengembangan dan Analisis Kualitas Model Interaksi User Interface E-Book Reader Berbasis Social Learning Berdasarkan User Experience. S2 thesis, UNY.

[img] Text
TESIS_Osiany Nurlansa_15720251005-compressed.swf

Download (2MB)

Abstract

Membangun aplikasi tanpa berdasarkan pengalaman dan kebutuhan pengguna akan menjadi aplikasi yang sia-sia. E-Book Reader salah satu solusi dalam bentuk teknologi untuk memberikan kemudahan dalam mencari dan membaca buku di mana saja dan kapan saja. Bagaimana agar E-Book Reader dapat tepat dibangun untuk pengguna, harus dilakukan riset lebih dalam mengenai user experience (UX) pada interaksi user interface (UI) sesuai kebutuhan. Penelitian ini bertujuan: (1) Merancang rekomendasi UI aplikasi Social E-Book Reader berbasis user experience (kebiasaan dan kebutuhan pengguna) yang dapat mengakomodasi model interaksi dua arah dan gaya belajar secara social learning. (2) Menghasilkan rekomendasi UI aplikasi Social E-Book Reader (3) Menguji kualitas rekomendasi UI pada Social E-Book Reader berdasarkan standar User Experience Questionaire (UEQ). Penelitian pengembangan ini mengacu langkah Goal Direct Design (GDD) yang dikembangkan oleh Cooper, Reimann, Cronin dan Noessel. Subjek pada tahap prasurvey adalah 32 mahasiswa/i. Subjek pada tahap research adalah lima pengunjung toko buku dan tiga pengunjung perpustakaan. Subjek uji coba produk menggunakan standar UEQ sebanyak 34 mahasiswa/i. UEQ digunakan untuk memperoleh data tentang penilaian interaksi yang dibangun pada UI pengguna, fungsi, dan kesesuaian terhadap kebutuhan pengguna. Pengumpulan data menggunakan pedoman interview, observasi dan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan perhitungan standar UEQ. UEQ memiliki 26 item pertanyaan yang mewakili UX, yang terdiri dari Attractiveness, Pragmatic Quality (Efficiency, Perspicuity, Dependability) dan Hedonic Quality (Stimulation, Novelty). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Menghasilkan rekomendasi UI berbasis smartphone yang dapat mengakomodasi model interaksi dua arah dan gaya belajar secara social learning. (2) Interaksi user interface aplikasi Social E-Book Reader berhasil dibangun menggunakan metode Goal Direct Design dan di simulasikan melalui platform Marvell. (3) UI Social E-Book Reader diuji menggunakan standar kualitas interaksi pada level Internasional yaitu UEQ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi pada UI ditinjau dari UX yang diujikan berdasarkan standar UEQ memiliki nilai yang positif dan pada Hedonic Quality memiliki nilai tertinggi, ini menunjukkan bahwa UI pada Social E-Book Reader ini lebih menonjol pada faktor yang berkaitan dengan non-task related quality aspects atau tentang keberbaharuan terhadap e-book reader yang saat ini sudah ada. Kata Kunci : user experience, user interface, e-book reader, goal direct design, social learning, social e-book reader

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika
Date Deposited: 27 Sep 2018 03:38
Last Modified: 08 May 2019 06:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60185

Actions (login required)

View Item View Item