Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Partisipasi Guru pada MGMP, dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri Kota Yogyakarta

Tama, Yohanes Erwin Kumbara (2018) Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Partisipasi Guru pada MGMP, dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yohanes erwin kumbara tama-16703251015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap nilai pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah, partisipasi guru pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), motivasi kerja guru dan kinerja guru; dan juga pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru, partisipasi guru pada MGMP terhadap kinerja guru, motivasi kerja terhadap kinerja guru dan pengaruh supervisi akademik kepala sekolah, partisipasi guru pada MGMP, dan motivasi kerja guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMA Negeri Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini yaitu guru mata pelajaran di SMAN 4, SMAN 7, SMAN 9, SMAN 10, dan SMAN 11 Yogyakarta dengan jumlah populasi 260 guru. Sampel sejumlah 150 guru ditentukan menggunakan teknik simple random sampling. Validitas instrumen menggunakan validitas logis (expert judgment). Pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji homogenitas, dan uji multikolinieritas. Uji hipotesis menggunakan regresi sederhana serta regresi ganda (3 prediktor). Hasil penelitian menunjukkan nilai kualitas dari: (1) supervisi akademik kepala sekolah sebesar 71% dari yang diharapkan, (2) partisipasi guru pada MGMP sebesar 64% dari yang diharapkan, (3) motivasi kerja guru sebesar 33% dari yang diharapkan, dan (4) kinerja guru sebesar 76% dari yang diharapkan; serta terdapat pengaruh positif dan signifikan: (1) supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru dengan pengaruh sebesar 11,2%, (2) partisipasi guru pada MGMP terhadap kinerja guru sebesar 21,8%, (3) motivasi kerja guru terhadap kinerja guru sebesar 33%, dan (4) supervisi akademik kepala sekolah, partisipasi guru pada MGMP dan motivasi kerja guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru sebesar 42,8%. Keywords: Supervisi Akademik, Kepala Sekolah, Partisipasi MGMP, Motivasi Kerja Guru dan Kinerja Guru

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Date Deposited: 27 Sep 2018 03:13
Last Modified: 13 Dec 2022 04:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60178

Actions (login required)

View Item View Item