Perbedaan Efektivitas Model Contextual Teaching And Learning (CTL) dan Problem Based Learning (PBL) dengan Model Konvensional dilihat dari Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Sewon (Tahun Pelajaran 2017/2018)

Indriyani, Rinadesi (2018) Perbedaan Efektivitas Model Contextual Teaching And Learning (CTL) dan Problem Based Learning (PBL) dengan Model Konvensional dilihat dari Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Sewon (Tahun Pelajaran 2017/2018). S2 thesis, UNY.

[img] Text
TESIS LENGKAP Rinadesi A.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model CTL dengan model konvensional, (2) perbedaan hasil belajar antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model PBL dengan model konvensional, (3) perbedaan hasil belajar antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model CTL dan model PBL, (4) perbedaan efektivitas antara model CTL dan model PBL dengan model konvensional dilihat dari hasil belajar IPS kelas VIII di SMPN 1 Sewon Bantul. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain pretest-posttes with nonequivalent group design. Populasi dalam penelitian ini adalah 8 rombongan belajar kelas VIII di SMPN 1 Sewon tahun pelajaran 2017/2018, yang terdiri atas 220 siswa. Sampel dipilih sebanyak empat kelas dengan menggunakan teknik purposive sampling, kelas VIII B sebagai kelas eksperimen 1 yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran CTL, kelas VIII C sebagai kelas eksperimen 2 yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran PBL, dan kelas (VIII A dan VIII F) sebagai kelas kontrol (dengan model konvensional). Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah Anava dan Posthoc. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model CTL dengan model konvensional, (2) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model PBL dengan model konvensional, (3) tidak terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model CTL dan model PBL, (4) terdapat perbedaan efektivitas model CTL dan model PBL dengan model konvensional dilihat dari hasil belajar IPS kelas VIII di SMPN 1 Sewon Bantul. Model PBL lebih efektif daripada model CTL dan model konvensional. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rerata hasil belajar pada model PBL sebesar 17,25, sedangkan peningkatan pada model CTL sebesar 15,82, dan peningkatan pada model konvensional sebesar 5,87. Kata Kunci : Contextual Teaching and Learning, Problem Based Learning, Model Konvensional, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Date Deposited: 27 Sep 2018 02:23
Last Modified: 08 May 2019 06:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60174

Actions (login required)

View Item View Item