Pengembangan Perangkat Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Berbasis Assessment for Learning (AfL) melalui Penilaian Teman Sejawat Berorientasi pada Prestasi, Pemahaman Konsep, dan Kemandirian Belajar Siswa SMP

Fauzi, Asri (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Berbasis Assessment for Learning (AfL) melalui Penilaian Teman Sejawat Berorientasi pada Prestasi, Pemahaman Konsep, dan Kemandirian Belajar Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Tesis_Asri Fauzi_16709251009-compressed.swf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbasis Assessment for Learning (AfL) melalui penilaian teman sejawat berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan ditinjau dari prestasi, pemahaman konsep, dan kemandirian belajar siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Selong. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian guru, lembar penilaian siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, soal tes prestasi belajar, soal tes pemahaman konsep, dan angket kemandirian belajar siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan ini dikatakan efektif jika: (1) proporsi siswa yang mencapai nilai KKM pada tes prestasi belajar siswa lebih dar 75%; (2) proporsi siswa yang mencapai nilai KKM pada tes pemahaman konsep lebih dari 75%; dan (3) proporsi siswa yang mencapai kategori minimal tinggi pada angket kemandirian belajar siswa lebih dari 75%. Hasil penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor berturut-turut adalah 87 (sangat baik) dari skor maksimal 95, dan 92 (baik) dari skor maksimal 110. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa RPP dan LKS memenuhi kriteria praktis dan efektif. Penilaian aspek kepraktisan diperoleh dari penilaian guru dan penilaian siswa dengan rata-rata skor berturut-turut adalah 83 (sangat baik) dari skor maksimal 95, dan 35,13 (baik) dari skor maksimal 45. Sedangkan persentase keterlaksanaan pembelajaran untuk kegiatan guru dan siswa berturut-turut adalah 93% dan 88%. Penilaian aspek keefektifan diperoleh dari hasil tes prestasi belajar, tes pemahaman konsep, dan angket kemandirian belajar. Proporsi siswa yang mencapai KKM pada tes prestasi dan pemahaman konsep berturut-turut adalah 91% dan 94%. Sedangkan hasil angket kemandirian belajar menunjukkan proporsi siswa yang mencapai kategori minimal tinggi sebesar 91%. Dengan demikian, perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Kata kunci: perangkat pembelajaran, numbered heads together (NHT), assessment for learning, penilaian teman sejawat, prestasi, pemahaman konsep, kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Date Deposited: 26 Sep 2018 03:22
Last Modified: 08 May 2019 06:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60150

Actions (login required)

View Item View Item