Determinan “Shadow Teacher “ Terhadap Prestasi Belajar Batik Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Tumbuh Yogyakarta

Handayani, Tity Sari (2018) Determinan “Shadow Teacher “ Terhadap Prestasi Belajar Batik Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Tumbuh Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-titi-handayani-14724251001.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui determinan kompetensi (a) pedagogik(b) kepribadian,(c) profesional, dan (d)sosial shadow teacherterhadap prestasi belajar batik Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Sekolah Dasar Tumbuh Yogyakarta. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah shadow teacher Mata Pelajaran Batik di SD Tumbuh I dan II. SD Tumbuh I di kelas 4 dan SD Tumbuh II di kelas multi 3-4 dan kelas 4, berjumlah 5 shadow teacher. Data dikumpulkan melalui kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrument yang digunakan adalah kuesioner untuk mendapatkan data variabel kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Uji validitas kuesioner menggunakan metode professional judgement. Uji reliabilitas menggunakan rumus statistik nonparametrik karena populasinya hanya 5 shadow teacher. Hasilpenelitian menunjukkan kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial shadow teacher secara parsial berpengaruh positif terhadap prestasi belajar membatik ABK. Berpengaruh positif berarti semakin tinggi kompetensi shadow teachermaka semakin tinggi prestasi belajar membatik ABK, semakin rendah kompetensi shadow teachermaka semakin rendahprestasi belajar membatik ABK. Kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial berpengaruh signifikan sedangkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional berpengaruh tidak signifikan terhadap prestasi belajar membatik ABK. Kompetensi shadow teacher yang paling berpengaruh terhadap prestasi belajar membatik ABK adalah kompetensi kepribadian dengan koefisien korelasi rank spearman(rs) 0,890, kemudian kompetensi sosial dengan koefisien korelasi rank spearman (rs) 0,890. Kompetensi pedagogik dengan koefisien korelasi rank spearman (rs) 0,250 dan yang paling kecil pengaruhnya adalah kompetensi profesional dengan koefisien korelasi rank spearman(rs) 0,230.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: determinan, shadow teacher,Batik, ABK
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni
Date Deposited: 26 Sep 2018 02:14
Last Modified: 08 May 2019 06:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60147

Actions (login required)

View Item View Item