Pengaruh Buku Cerita Bergambar berbasis Scientific Approach dengan Metode Discovery terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Sikap Kolaborasi Siswa Kelas III SD

Fatmawati, Fitria (2018) Pengaruh Buku Cerita Bergambar berbasis Scientific Approach dengan Metode Discovery terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Sikap Kolaborasi Siswa Kelas III SD. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fitria-fatmawati-16712251045.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh buku cerita bergambar berbasis scientific approachdengan metode discovery terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa kelas III SD, (2) pengaruh buku cerita bergambar berbasis scientific approach (pendekatan saintifik) dengan metode discovery terhadap sikap kolaborasi siswa kelas III dan (3) perbedaan pengaruh buku cerita bergambar berbasis scientific approach (pendekatan saintifik) dengan metode discovery dengan buku kurikulum 2013 dan buku BUPENA terhadap keterampilan berpikir kreatif dan sikap kolaborasi siswa kelas III SD. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperimen dengan desain penelitian menggunakan nonequivalent control-group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD se-gugus Wonosari. Sampel penelitian dalam penelitian ini adalah kelas III A, III B dan III C di SD Negeri Wonosari 1 Gunung Kidul yang diambil berdasarkan ketentuan SD Negeri Wonosari 1 Gunung Kidul adalah satu-satunya SD yang telah menerapkan kurikulum 2013 di kelas III. Rincian pembagian perlakuan pada sampel penelitian adalah sebagai berikut: kelas III A menerapkan pembelajaran dengan menggunakan buku cerita bergambar berbasis scientific approachdengan metode discovery, kelas III B menerapkan pembelajaran dengan menggunakan buku Kurikulum 2013 dan kelas III C menerapkan pembelajaran dengan menggunakan buku BUPENA. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes keterampilan berpikir kreatif dan angket sikap kolaborasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji Paired-sample t test, uji multivariat (MANOVA), dan uji Univariat (Tukey). Simpulan dari penelitian ini adalah: (1) buku cerita bergambar berbasis scientific approachdengan metode discovery berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif, (2) buku cerita bergambar berbasis scientific approachdengan metode discovery berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap kolaborasi dan (3) terdapat perbedaan pengaruh antara buku cerita bergambar berbasis scientific approachdengan metode discovery, BUPENA dan Kurikulum 2013 terhadap keterampilan berpikir kreatif dan sikap kolaborasi

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: buku cerita bergambar berbasis scientific approach, metode discovery, keterampilan berpikir kreatif, sikap kolaborasi, sekolah dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Sep 2018 07:47
Last Modified: 09 May 2019 09:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60123

Actions (login required)

View Item View Item