Pengembangan Computer Based Instruction Model Simulasi Berbasis Multimedia Interaktif Materi Gerak Benda untuk Meningkatkan Kemandirian dan Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Aditama, Wiranda Bayu (2018) Pengembangan Computer Based Instruction Model Simulasi Berbasis Multimedia Interaktif Materi Gerak Benda untuk Meningkatkan Kemandirian dan Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wiranda bayu aditama-6712251084.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk computer based instruction model simulasi berbasis multimedia interaktif materi gerak benda yang memenuhi kriteria kelayakan; dan (2) mengetahui keefektifan produk computer based instruction model simulasi materi gerak benda untuk meningkatkan kemandirian dan rasa ingin tahu siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur penelitian pengembangan dalam penelitian ini mengikuti langkah pengembangan Borg & Gall, meliputi (1) penelitian awal dan pengumpulan informasi; (2) perencanaan; (3) pengembangan produk awal; (4) uji coba terbatas; (5) revisi uji coba terbatas; (6) uji coba lapangan; (7) revisi uji coba lapangan; (8) uji coba operasional; (9) revisi produk akhir; dan (10) diseminasi dan implementasi. Subjek uji coba awal adalah 20 siswa kelas IVB SD Negeri 2 Cakranegara. Subjek uji coba utama adalah 40 siswa kelas IVA dan IVC SD Negeri 2 Cakranegara. Subjek uji coba operasional pada kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 masing-masing sebanyak 29 siswa kelas IVB untuk kelas eksperimen 1 dan 26 orang siswa kelas IVC untuk kelas eksperimen 2 siswa SDK Santo Antonius Cakranegara. Subjek uji coba operasional pada kelas kontrol sebanyak 24 siswa kelas IVA SDK Santo Antonius Cakranegara. Pengumpulan data menggunakan lembar penilaian produk, angket respon guru, angket respon siswa, observasi kegiatan guru dan siswa, observasi kemandirian dan rasa ingin tahu siswa. Teknik analisis data menggunakan independent sample t-test dan t-test for paired samples dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini adalah: (1) produk computer based instruction model simulasi berbasis multimedia interaktif materi gerak benda yang memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan ahli materi dan ahli media serta respon guru dan siswa dengan katergori sangat baik; dan (2) produk computer based insturction model simulasi berbasis multimedia interaktif materi gerak benda efektif dalam meningkatkan kemandirian dan rasa ingin tahu siswa. Keefektifan produk computer based instruction model simulasi berbasis multimedia interaktif didasarkan pada hasil independent sample t-test dan t-test for paired samples dengan taraf signifikansi < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: computer based instruction model simulasi, multimedia interaktif, kemandirian, rasa ingin tahu
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Sep 2018 06:53
Last Modified: 05 Nov 2021 06:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60077

Actions (login required)

View Item View Item