Kompetensi Guru Matematika SMP di Kota Pontianak dan Implikasinya dalam Pembelajaran

Pratiwi, Rahayu (2018) Kompetensi Guru Matematika SMP di Kota Pontianak dan Implikasinya dalam Pembelajaran. S2 thesis, UNY.

[img] Text
TESIS_Rahayu Pratiwi_16709251077-compressed.swf

Download (4MB)

Abstract

Kompetensi merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh guru dalam melaksanakan tugasnya. Penilaian kompetensi guru berlangsung dengan diadakannya ujian kompetensi guru (UKG). Hasil UKG yang diperlihatkan kepada guru merupakan nilai akhir dari berbagai aspek yang diukur. Sehingga guru tidak mengetahui pada aspek mana yang harus ditingkatkan. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mendiskripsikan kompetensi guru yang terdiri dari kompetensi konten, pedagogik, kepribadian dan praktik. Setelah kompetensi guru diketahui selanjutnya adalah bagaimana guru mengimplikasikan kompetensi tersebut diterapkan dalam pembelajaran. Implikasinya dilihat dari perencananaan dan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Jenis penelitian yang digunakan adalah survei dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Pelaksanaan penelitian berlangsung dua bulan di sembilan SMP Negeri di Kota Pontianak. Sembilan SMP Negeri tersebut dipilih secara acak dan mewakili setiap Kecamatan yang ada di Kota Pontianak. Subjek utama penelitian ini adalah 19 guru matematika yang mengajar di sembilan sekolah tersebut. Variabel dalam penelitian ini adalah kompetensi guru dan implikasi kompetensi guru dalam pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes, angket dan lembar observasi. Instrumen yang digunakan telah terbukti valid dan reliabel. Analisis data menggunakan persentase dari total skor maksimum kemudian dilakukan pengkategorian berdasarkan tingkat kecenderungan yang memiliki 5 tingkatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru matematika di Kota Pontianak dan implikasinya dalam pembelajaran termasuk dalam kategori cukup baik. Rekomendasi yang diberikan oleh peneliti adalah dengan atau tanpa adanya penelitian ini peningkatan tetap harus dilakukan. Peningkatan tersebut setidaknya didukung oleh pemerintah pusat dan daerah, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Kalimantan Barat, satuan pendidikan dan guru matematika itu sendiri. Diharapkan dukungan dari tersebut dapat diimplementasikan dalam kebijakan-kebijakan yang dapat menunjang kinerja guru untuk menjadi lebih profesional. Kata Kunci: kompetensi guru matematika, implikasi kompetensi guru dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Date Deposited: 24 Sep 2018 06:00
Last Modified: 08 May 2019 06:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60067

Actions (login required)

View Item View Item