Pengembangan Web Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains, Teknologi Dan Masyarakat Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik SMA

Utami, Ceria Putri (2018) Pengembangan Web Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains, Teknologi Dan Masyarakat Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
TESIS FULL_CERIA PUTRI UTAMI-compressed.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran berupa LKPD dalam bentuk web berbasis STM yang valid dan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep peserta didik dan (2) mengungkapkan keefektifan penggunaan Web-LKPD berbasis STM terhadap kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitia pengembangan. Prosedur pengembangan yang dilakukan meliputi tahap (1) define (analisis kebutuhan belajar); (2) design (merangcang produk); (3) develop (penilaian berdasarkan ahli, uji coba produk dan revisi produk); (4) disseminate (penyebarluasan produk akhir). Subjek uji coba terbatas terdiri dari 18 peserta didik di SMAN 1 Kotabumi. Subjek uji coba lapangan pada kelas eksperimen berjumlah 30 peserta didik kelas XI IPA 5, sedangkan pada kelas kontrol berjumlah 33 peserta didik kelas XI IPA 6. Desain uji coba terdiri dari uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Uji coba lapangan menggunakan metode kuasi eksperimen. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi lembar penilaian kelayakan LKPD berbentuk web, lembar penilaian kelayakan RPP, lembar penilaian kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep dan angket respon peserta didik terhadap produk yang dikembangkan. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif, analisis N-Gain, uji statistik multivariat Hotteling’s T 2 dan analisis effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) web-LKPD berbasis STM yang dikembangkan layak digunakan berdasarkan validitas ahli dan penilaian praktis oleh guru dan teman sejawat sebagai media pembelajaran dengan kategori “baik” berdasarkan penilaian aspek materi, “sangat baik” untuk penilaian aspek media dan penilaian “sangat baik” berdasarkan penilaian peserta didik; (2) web-LKPD berbasis STM yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep berdasarkan analisis effect size dengan nilai f = 0,312 untuk kemampuan pemecahan masalah dan f = 0,14 untuk pemahaman konsep. Kata kunci: kerja, konsep, lembar, masyarakat, sains, teknologi, web

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Date Deposited: 21 Sep 2018 02:44
Last Modified: 08 May 2019 06:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60021

Actions (login required)

View Item View Item