Sikap siswa terhadap IPS di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Se-Kota Yogyakarta

IMANI, NURUL (2018) Sikap siswa terhadap IPS di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Se-Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
NURUL IMANI-compressed.swf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sikap dan penilaian siswa terhadap IPS di SMA Negeri se-Kota Yogyakarta berdasarkan berbagai permasalahan, hambatan, persepsi negatif dan kekurangan yang ada. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Lokasi penelitian berada di 10 sekolah menengah atas (SMA) Negeri se-Kota Yogyakarta yaitu SMA Negeri 1 Yogyakarta, SMA Negeri 2 Yogyakarta, SMA Negeri 3 Yogyakarta, SMA Negeri 4 Yogyakarta, SMA Negeri 5 Yogyakarta, SMA Negeri 6 Yogyakarta, SMA Negeri 7 Yogyakarta,SMA Negeri 8 Yogyakarta,SMA Negeri 9 Yogyakarta,SMA Negeri 10 Yogyakarta. Data dalam penelitain ini berasal dari hasil survei pada 203 siswa jurusan IPS SMA Negeri se-Kota Yogyakarta. Selain itu terdapat data hasil wawancara kepada 5 siswa jurusan IPS dari SMA Negeri 1 Yogyakarta, dan SMA Negeri 3 Yogyakarta sebagai data tambahan. Proses validitas menggunakan teknik triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan pada hasil survei menggunakan teknik statistik diskriptif dan pada hasil wawancara menggunakan teknik analisis yang diungkapkan oleh Miles dan Hubberman yang terdiri dari proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa merasa senang, puas, dan memiliki sikap positif terhadap IPS, walaupun masih banyak permasalahan, kekurangan dan hambatan dari segi metode dan media pembelajaran, materi dalam IPS, kompetensi guru, berbagai anggapan negatif terhadap IPS dll. Sikap siswa juga meliputi tindakan siswa sebagai bentuk dari penilaian siswa terhadap IPS, maka tindakan yang dilakukan siswa sebagai bentuk penilaian terhadap IPS yaitu dengan rajin belajar, konsentrasi saat pelajaran, tidak membolos sekolah, mengoleksi buku tentang IPS, dan mengikuti lomba. Kata Kunci: Sikap, Ilmu Pengetahuan Sosial, Permasalahan dalam pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Date Deposited: 20 Sep 2018 08:51
Last Modified: 08 May 2019 06:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60013

Actions (login required)

View Item View Item