Pengaruh Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing dengan Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Rasa Percaya Diri dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD

Kamil, Nurdin (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing dengan Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Rasa Percaya Diri dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nurdin kamil-16712251022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pengaruh model Active Knowledge Sharing dengan Pendekatan Saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis dan rasa percaya diri siswa kelas IV SD; (2) pengaruh penerapan model Active Knowledge Sharing dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD; dan (3) pengaruh penerapan model Active Knowledge Sharing dengan pendekatan saintifik terhadap rasa percaya diri siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest- posttest non-equivalent control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok eksperimen (model Active Knowledge Sharing) dan dua kelompok kontrol (pembelajaran direct instruction). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN di Kecamatan Minggir, Kab. Sleman. Sampel penelitian ini adalah SDN Balangan 1 dan SDN Sendangharjo (kelas eksperimen), lalu SDN Balangan 2 dan SDN Kebonagung (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa tes uraian obyektif untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa dan angket untuk mengukur tingkat rasa percaya diri siswa. Uji normalitas data menggunakan Kolmogrov_Smirnov dan uji homogenitas menggunakan uji Box’s M. Data dianalisis menggunakan uji Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) dengan T2 Hotelling dan independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif model Active Knowledge Sharing dengan Pendekatan Saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis dan rasa percaya diri siswa kelas IV SD dengan nilai signifikansi < 0,05; (2) terdapat pengaruh positif model Active Knowledge Sharing dengan Pendekatan Saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD dengan nilai signifikansi < 0,05; dan (3) terdapat pengaruh positif model Active Knowledge Sharing dengan Pendekatan Saintifik terhadap rasa percaya diri siswa kelas IV SD dengan nilai signifikansi < 0,05. Kata Kunci: model active knowledge sharing, berpikir kritis, percaya diri

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Date Deposited: 20 Sep 2018 07:08
Last Modified: 28 Jun 2022 04:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60000

Actions (login required)

View Item View Item