Nizam, Ahmad Wafa (2018) Pengaruh Model Pembelajaran TAPPS (Thinking Aloud Pair Problem Solving) Introvert dan Ekstrovert Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Selat 1 di Kabupaten Kapuas. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
TESIS_AHMAD WAFA NIZAMI_16709251065-compressed.swf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran TAPPS terhadap HOTS ditinjau dari tipe kepribadian introvert dan ekstrovert siswa, (2) mengetahui pengaruh pembelajaran tanpa menggunakan model TAPPS terhadap HOTS ditinjau dari tipe kepribadian introvert dan ekstrovert siswa, dan (3) mengetahui interaksi antara model pembelajaran TAPPS dan tanpa menggunakan model TAPPS dengan tipe kepribadian introvert dan ekstrovert terhadap HOTS siswa kelas VIII MTsN 1 Selat Kuala Kapuas. Penelitian ini termasuk eksperimen semu, desain penelitian menggunakan desain faktorial 2 x 2. Variabel bebas penelitian ini adalah model TAPPS, variabel atributnya tipe kepribadian introvert dan ekstrovert dan variabel terikatnya higher order thinking skills. Penelitian ini mengambil sampel dua kelas, masing-masing berjumlah 40 siswa dengan rincian siswa bertipe introvert sebanyak 41 siswa dan ekstrovert 39 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes higher order thinking skills (HOTS) dan angket tipe kepribadian. Koefisien reliabilitas intrumen HOTS untuk pretest sebesar 0,784 dan postest sebesar 0,733 dengan SEM berturut-turut sebesar 0,527 dan 0,586. Teknik Pengumpulan data menggunakan uji one sample t-test dan independent t-test dengan taraf signifikansi 0,05 Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran TAPPS terhadap HOTS ditinjau dari tipe kepribadian introvert dan ekstrovert siswa kelas VIII MTsN 1 Selat di Kabupaten Kapuas dengan nilai rata-rata lebih dari KKM dan signifikansi untuk skor gain (p) 0,000 < 0,05, (2) terdapat pengaruh pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran TAPPS terhadap HOTS ditinjau dari tipe kepribadian introvert dan ekstrovert siswa kelas VIII MTsN 1 Selat di Kabupaten Kapuas dengan rata-rata lebih dari nilai KKM dan signifikansi untuk skor gain (p) 0,000 < 0,05, dan (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan tipe kepribadian siswa baik itu tipe kepribadian introvert ataupun ekstrovert yang berarti bahwa model pembelajaran dengan tipe kepribadian tidak berpengaruh terhadap HOTS Kata Kunci: Model TAPPS, Higher Order Thinking Skills (HOTS), Tipe Kepribadian Introvert-Ekstrovert
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Pasca Sarjana |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Date Deposited: | 19 Sep 2018 07:26 |
Last Modified: | 08 May 2019 06:50 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59969 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |