Peranan Iklim Akademik dan Budaya Musyawarah Mufakat (Bubalah) dalam Pembentukan Sikap Demokratis Mahasiswa Program Studi PPKn FKIP Universitas Lampung

Pratiwi, Yesi Eka (2018) Peranan Iklim Akademik dan Budaya Musyawarah Mufakat (Bubalah) dalam Pembentukan Sikap Demokratis Mahasiswa Program Studi PPKn FKIP Universitas Lampung. S2 thesis, UNY.

[img] Text
YESI EKA PRATIWI 16730251031 S2 PPKn-compressed.swf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengungkapkan: (1) iklim akademik, (2) pelaksanaan budaya musyawarah mufakat (bubalah), dan (3) peranan iklim akademik dan budaya musyawarah mufakat (bubalah) dalam membentuk sikap demokratis mahasiswa PPKn FKIP Universitas Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis studi kasus. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposif yang terdiri dari: Ketua, dosen, dan mahasiswa Program Studi PPKn FKIP Universitas Lampung. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipan, dan analisis dokumen. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif model Creswell dengan langkah-langkah: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pertama, iklim akademik yang diterapkan Program Studi PPKn FKIP Universitas Lampung berjalan positif. Hal itu ditunjukkan dari beragam kegiatan yang diselenggarakan dengan tetap menjaga hubungan yang harmonis diantara civitas akademika dan mengikuti peraturan akademik yang ada untuk menjaga kondisi lingkungan agar tetap kondusif. Kedua, budaya musyawarah mufakat (Bubalah) dilaksanakan tiga kali dalam satu semester, yaitu di awal, di tengah, dan di akhir semester. Budaya musyawarah mufakat (Bubalah) memiliki sifat situasional, yang dapat dilakukan ketika terdapat sesuatu hal yang mendesak dan perlu untuk diselenggarakan musyawarah mufakat (Bubalah). Ketiga Iklim akademik yang diterapkan memiliki peranan dalam memperkuat foundasi awal pembentukan sikap dan karakter mahasiswa untuk kedepannya, sehingga mahasiswa tersebut mampu bersikap sesuai dengan kondisi lingkungan sekitarnya. Sedangkan budaya musyawarah mufakat (Bubalah) memiliki peranan sebagai sebuah cara atau alat untuk membiasakan mahasiswa dalam bersikap demokratis di setiap kegiatan musyawarah ataupun di dalam proses perkuliahan. Kata Kunci: budaya musyawarah mufakat (bubalah), iklim akademik, sikap demokratis.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Date Deposited: 19 Sep 2018 05:38
Last Modified: 08 May 2019 06:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59951

Actions (login required)

View Item View Item