Pengembangan Media Pembelajaran Geografi dengan Materi Dataran Tinggi Dieng untuk Mendukung Pengenalan Lapangan Siswa Kelas X SMA

Anja, Eka Suci (2018) Pengembangan Media Pembelajaran Geografi dengan Materi Dataran Tinggi Dieng untuk Mendukung Pengenalan Lapangan Siswa Kelas X SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
Tesis Full Eka-compressed.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash dan (2) mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran Dataran Tinggi Dieng untuk mendukung pengenalan lapangan siswa. Penelitian pengembangan ini mengacu langkah yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Prosedur pengembangan meliputi tahap define, desain, develop dan diseminate. Tahap pengembangan dilakukan validasi oleh ahli media dan ahli materi kemudian dilakukan revisi produk awal. Tahapan uji coba one to one oleh 3 siswa, small group evaluation oleh 12 siswa, field group evaluation oleh 22 siswa kelas X MIA 4sekaligus sebagai kelas eksperimen, dan sebagai kelas kontrol kelas X MIA 3 sebanyak 16 siswa. Pengumpuluan data menggunakan angket kelayakan media dan tes pengukuran pengenalan lapangan yang dilakukan sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Uji signifikansi menggunakan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Efektivitas multimedia pembelajaran Dataran Tinggi Dieng menggunakan gain score yang diperoleh dari hasil pre-test dan post test. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kelayakan produk multimedia pembelajaran Dataran Tinggi Dieng oleh ahli materi memperoleh hasildengan kategori Sangat Baik yang berarti materi dalam media layak digunakan. Validasi oleh ahli media memperoleh hasil dengan kategori Sangat Baik yang berarti media layak untuk digunakan. (2) Penilaian siswa pada uji coba kelompok one to onemenghasilkan kategori baik. Uji coba kelompok small group menghasilkan kategorikategori baik. Uji coba kelompok field groupmenghasilkan kategori sangat baik. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan pengenalan lapanganpada materi lithosfer antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah pembelajaran dengan nilai sig. 0,000 yang berarti media efektif digunakan untuk mendukung pengenalan lapangan. Rerata gain scorepengenalan lapangan pada kelas kontrol adalah 0,13 dan0,53gain score kelas eksperimensehinggagain score kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Disimpulkan bahwa media pembelajaran Geografi Dataran Tinggi Dieng memiliki efektivitas sedang yang berarti media cocok untuk mendukung pengenalan lapangan siswa kelas X. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Dataran Tinggi Dieng, Pengenalan Lapangan.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Geografi
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 19 Sep 2018 01:33
Last Modified: 19 Sep 2018 01:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59921

Actions (login required)

View Item View Item