PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BENDA MENGGUNAKAN MEDIA SCRAMBLE UNTUK ANAK TUNARUNGU KELAS II SD DI SLB N 2 BANTUL

Intan, Tsani Faradilla (2018) PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BENDA MENGGUNAKAN MEDIA SCRAMBLE UNTUK ANAK TUNARUNGU KELAS II SD DI SLB N 2 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Intan Tsani Faradilla_12103241069.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan kesulitan siswa tunarungu kelas II SD di SLB N 2 Bantul dalam penguasaan kosakata benda. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan penguasaan kosakata dan mengetahui proses pembelajaran penguasaan kosakata menggunakan media scramble untuk siswa tunarungu kelas II SD di SLB Negeri 2 Bantul. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Desain Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan observasi serta refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subyek dalam penelitian adalah empat siswa tunarungu kelas II di SLB N 2 Bantul. Pengumpulan data dilakukan secara tes dan observasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian peningkatan penguasaan kosakata benda menggunakan media scramble pada siswa tunarungu kelas II SD mengalami peningkatan. Hasil tes pra tindakan rata-rata kelas menunjukkan hasil 44,1 % kemudian meningkat pada siklus II menjadi 78,3% namun masih terdapat satu subyek yang belum lulus kriteria. Pada siklus II rata-rata kelas meningkat menjadi 90,8%. Disimpulkan bahwa peningkatan penguasaan kosakata benda anak tunarungu kelas II SD di SLB N 2 Bantul dapat ditingkatkan menggunakan media scramble.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 18 Sep 2018 09:22
Last Modified: 30 Jan 2019 17:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59915

Actions (login required)

View Item View Item