PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) OLEH GURU PENDIDIKAN KHUSUS DALAM PEMBELAJARAN DI SLB WILAYAH KLATEN SELATAN JAWA TENGAH

Fransisca, Vernanda Saputri (2018) PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) OLEH GURU PENDIDIKAN KHUSUS DALAM PEMBELAJARAN DI SLB WILAYAH KLATEN SELATAN JAWA TENGAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Fransisca Vernanda Saputri_13103244024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengetahuan guru pendidikan khusus tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), (2) pemanfaatan TIK secara umum, (3) pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, dan (4) pemanfaatan teknologi asistif bagi siswa berkebutuhan khusus. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu survey. Subyek penelitian adalah 39 guru pendidikan khusus dari tiga SLB wilayah Klaten Selatan. Instumen kuesioner (angket) digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Analisa data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) 33,33% guru memiliki pengetahuan pada kategori baik sekali. (2) Namun tidak terdapat guru yang memanfaatkan TIK secara umum pada kategori baik sekali. (3) Terdapat guru yang memanfaatkan TIK dalam pembelajaran dengan kategori baik yaitu 5,13%. Guru yang mengajar siswa tunanetra (6,67%) memanfaatkan TIK; guru yang mengajar siswa tunarungu (10%) memanfaatkan TIK; serta guru yang mengajar siswa tunagrahita tidak memanfaatkan TIK. (4) Teknologi asistif yang sering digunakan guru yaitu untuk mengembangkan (a) penglihatan; (b) pendengaran; (c) komunikasi bicara; (d) daily living (aktivitas sehari-hari); serta (e) rekreasi, olahraga, dan waktu luang. Sedangkan teknologi asistif yang jarang digunakan antara lain untuk mengembangkan (a) belajar, kognisi, dan perkembangan; (b) mobilitas, posisi duduk, dan membentuk postur; (c) adaptasi lingkungan; (d) modifikasi kendaraan dan transportasi; serta (e) komputer dan perangkat terkait.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 18 Sep 2018 09:08
Last Modified: 30 Jan 2019 17:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59914

Actions (login required)

View Item View Item