PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG PADA ANAK TUNARUNGU KELAS TKLB DI SLB NEGERI 1 KULON PROGO

Nonie, Intan Pertiwi (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG PADA ANAK TUNARUNGU KELAS TKLB DI SLB NEGERI 1 KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Nonie Intan Pertiwi_13103241071.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara dengan menggunakan media wayang pada anak tunarungu kelas TKLB di SLB Negeri 1 Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan model penelitian dari Kemmis dan McTaggart yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 orang siswa tunarungu kelas TKLB di SLB Negeri 1 Kulon Progo. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan pada keberanian berbicara, kejelasan anak dalam mengucapkan kata atau kalimat, kemampuan pengembangan kosakata, pembentukan kalimat, kelancaran berbicara, serta keaktifan anak dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Proses pelaksanaan dilakukan dengan guru menunjukkan media wayang disertai penjelasan, dilanjutkan dengan pertanyaan tentang binatang yang terdapat pada media wayang. Selanjutnya anak diminta untuk berbicara dan mengungkapkan gagasannya. Peningkatan kemampuan berbicara dibuktikan dari adanya peningkatan nilai subjek. NA dengan nilai awal 46,67 meningkat menjadi 60,5 (siklus I) dan 85 (siklus II). ND dengan nilai awal 36,67 meningkat menjadi 50 (siklus I) dan 76,66 (siklus II). TS dengan nilai awal 50 meningkat menjadi 63,17 (siklus I) dan 85 (siklus II). RE dengan nilai awal 46,67 meningkat menjadi 61 (siklus I) dan 85 (siklus II). AD dengan nilai awal 40 meningkat menjadi 51,67 (siklus I) dan 80 (siklus II). Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media wayang dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada anak tunarungu kelas TKLB di SLB Negeri 1 Kulon Progo.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 18 Sep 2018 09:02
Last Modified: 30 Jan 2019 17:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59911

Actions (login required)

View Item View Item