PENGARUH MOBILE APPLICATION “MARBEL HURUF” TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS II DI SLB NEGERI WONOGIRI

Faradhila, Aziz Nurcholis (2017) PENGARUH MOBILE APPLICATION “MARBEL HURUF” TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS II DI SLB NEGERI WONOGIRI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Faradhila Aziz Nurcholis_13103241020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mobile application Marbel Huruf terhadap kemampuan mengenal huruf anak tunagrahita ringan kelas II di SLB Negeri Wonogiri. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen subjek tunggal (Single Subjek Research). Subjek dalam penelitian ini yaitu seorang anak tunagrahita ringan kelas II SLB Negeri Wonogiri. Desain penelitian ini adalah A-B-A’. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan mengenal huruf. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dengan analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif mobile application Marbel Huruf terhadap kemampuan mengenal huruf anak tunagrahita ringan kelas II di SLB Negeri Wonogiri. Hal ini ditunjukkan dengan data tumpang tindih (overlap) dalam analisis antar kondisi sebesar 0% serta peningkatan rata-rata nilai keberhasilan pada setiap fase, yaitu pada fase baseline-1 memperoleh rata-rata nilai 60, fase intervensi memperoleh rata-rata 70 dan fase baseline-2 memperoleh rata-rata 80. Adanya perubahan tersebut menunjukkan bahwa mobile application Marbel Huruf berpengaruh positif terhadap kemampuan mengenal huruf anak tunagrahita ringan kelas II di SLB Negeri Wonogiri.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 18 Sep 2018 08:59
Last Modified: 30 Jan 2019 17:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59909

Actions (login required)

View Item View Item