Efektivitas Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior Terhadap Perilaku Asertif Siswa SMPN 1 Mlati, Sleman, Yogyakarta

Aziza, Yulia Rahmatika (2018) Efektivitas Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior Terhadap Perilaku Asertif Siswa SMPN 1 Mlati, Sleman, Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yulia rahmatika aziza-14713251008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas konseling kelompok rational emotive behavior terhadap perilaku asertif siswa SMPN 1 Mlati, Sleman, Yogyakarta. Konseling kelompok rational emotive behavior belum pernah digunakan untuk proses konseling di SMPN 1 Mlati, Sleman, Yogykarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian quasi eksperimen dan desain penelitian randomized control group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Subjek penelitian berjumlah 12 siswa diambil dari kelas VII, VIII, dan kelas IX yang memiliki perilaku asertif rendah dan bersedia untuk mengikuti sesi konseling kelompok. Metode pengumpulan data menggunakan skala perilaku asertif. Teknik analisis data statistik menggunakan uji beda wilcoxon matched-pairs signed rank test untuk mengetahui beda skor perilaku asertif antara siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok rational emotive behavior tidak efektif untuk meningkatkan perilaku asertif siswa SMPN 1 Mlati, Sleman, Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dengan nilai p = 0.173 lebih besar dari α = 0.05, sehingga tidak ada perbedaan perilaku asertif antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dengan demikian maka Ho diterima. Ada beberapa faktor yang diduga menjadi penyebab konseling kelompok rational emotive behavior tidak efektif terhadap perilaku asertif siswa. Faktor tersebut adalah waktu pelaksanaan konseling yang relatif singkat dan tempat konseling yang kurang kondusif. Kedua kurangnya kedekatan interpersonal antara konselor dan konseli. Faktor ketiga adalah adanya pendekatan konseling atau teknik lain yang juga dapat digunakan untuk meningkatkan perilaku asertif siswa. Kata Kunci: Konseling kelompok rational emotive behavior, perilaku asertif

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Bimbingan dan Konseling
Date Deposited: 10 Sep 2018 08:46
Last Modified: 26 Oct 2022 07:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59703

Actions (login required)

View Item View Item