Pengembangan Modul Informasi Karier untuk Meningkatkan Fantasi Karier Siswa Sekolah Dasar

Trianasari, Devi (2018) Pengembangan Modul Informasi Karier untuk Meningkatkan Fantasi Karier Siswa Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis_Devi Trianasari_15713251023.swf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan media cetak bergambar informasi karier untuk meningkatkan fantasi karier siswa sekolah dasar, (2) mengungkapkan kualitas kelayakan media modul bergambar yang dikembangkan, dan (3) mengungkapkan efektifitas penggunaan media yang dikembangkan tersebut untuk meningkatkan fantasi karier. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan desain pengembangan menurut Borg and Gall. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Sapen dengan jumlah subjek enam siswa pada uji coba lapangan awal, 15 siswa pada uji coba lapangan utama, dan 33 siswa pada uji lapangan operasional. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala fantasi karier dan kuisioner penilaian modul. Validitas dan reliabilitas instrumen diukur melalui expert judgement. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah membaca modul (pre-test dan post-test). Sehingga hasil dari pre-test dan post-test tersebut diketahui gain score kemudian ditafsirkan dalam bentuk kategori. Hasil penelitian ini adalah media modul bergambar untuk meningkatkan fantasi karier siswa sekolah dasar. Skor keseluruhan kelayakan media yang dikembangkan tersebut menurut hasil penilaian ahli materi adalah 88,23, penilaian ahli media 93,57, hasil uji coba lapangan awal 85,71, hasil uji coba lapangan utama 85,95, dan uji lapangan operasional 90,37. Gain score efektifitas penggunaan modul adalah 0,61, yang termasuk pada kategori sedang. Faktor penting untuk meningkatkan fantasi karier siswa sekolah dasar adalah adanya peran stakeholder sekolah dan orang tua, dan penyusunan program layanan bimbingan karier yang matang membantu siswa sekolah dasar lebih sadar terhadap karier masa depannya. Kata Kunci: modul informasi karier, fantasi karier, pengembangan

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Bimbingan dan Konseling
Date Deposited: 10 Sep 2018 04:09
Last Modified: 08 May 2019 10:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59674

Actions (login required)

View Item View Item