IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK DAN KARTU MISTERI (KOKAMI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KELAS X AKUNTANSI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES TAHUN AJARAN 2017/2018

Rachmawati, Hanifah (2018) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK DAN KARTU MISTERI (KOKAMI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KELAS X AKUNTANSI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Hanifah Rachmawati_14804241036.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) peningkatan motivasi belajar dengan mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan media pembelajaran kotak dan kartu misteri (KOKAMI) kelas X Akuntansi di SMK Muhammadiyah 1 Wates tahun ajaran 2017/2018 (2) peningkatan hasil belajar dengan mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan media pembelajaran kotak dan kartu misteri (KOKAMI) kelas X Akuntansi di SMK Muhammadiyah 1 Wates tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, kuesioner, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, tes, dan lembar angket. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi belajar yang dapat dilihat dari persentase rata-rata skor motivasi belajar dari 74,9% menjadi 80,93% yang meningkat sebesar 6,03% dan semua indikator pada siklus II telah lebih dari 75%. Sedangkan peningkatan hasil belajar dari 70,22 dengan presentase ketuntasan hasil belajar 57% menjadi 83,91 dengan presentase ketuntasan hasil belajar 91% yang meningkat 13,69 dengan persentase ketuntasan 34,78%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan media pembelajaran kotak dan kartu misteri (KOKAMI) dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar kelas X akuntansi di SMK Muhammadiyah 1 Wates tahun ajaran 2017/2018. Kata kunci: Team Games Tournament (TGT), Kotak dan Kartu Misteri (KOKAMI), motivasi belajar, hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Barkah Lestari, M.Pd (Dosen Pembimbing)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 12 Sep 2018 01:57
Last Modified: 30 Jan 2019 17:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59648

Actions (login required)

View Item View Item