LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA

Aisyah Anung Anditandaru, Aisyah Anung Anditandaru (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Aisyah Anung A Pend. bahasa Jerman 14203241033 .pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta yang salah satunya berlokasi di SMA Negeri 5 Yogyakarta telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 15 September sampai dengan 15 November 2017. Tujuan diadakannya Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) adalah untuk memberikan pengalaman bagi mahasiswa tentang dunia pendidikan secara nyata sehingga nantinya diharapkan dapat menjadi tenaga pendidik yang profesional dibidangnya. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori yang didapatkan diperkuliahan. Program yang dijalankan merupakan program pengajaran mata pelajaran bahasa Jermanuntuk siswa-siswi SMA Negeri 5 Yogyakarta, sesuai dengan program studi yang ditempuh oleh penyusun. Pada kegiatan PLT ini, penyusun mendapatkan kesempatan mengajar di kelas XI IPS dan juga selama 3 minggu menggantikan guru mata pelajaran bahasa Jerman, mengajar di kelas XII (7 IPA dan 3 IPS). Namun penyusun tidak hanyaa melaksanakan praktik mengajar di kelas saja, melainkan juga melaksanakan piket guru, piket jaga UKS, dan juga piket perpustakaan. Kegiatan PLT yang dilaksanakan meliputi praktek mengajar, pembuatn soal evaluasi, pembuatan media dan pmbuatan RPP serta kegiatan lainnya. Dalam melaksanakan kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing, mahasiswa menggunakan metode yang tersusun secara berurutan, yang dimulai dari melaksanakan observasi kondisi sekolah, serta pembelajaran di kelas dan peserta didik dengan bimbingan guru pembimbing. Setelah melakukan observasi, mahasiswa berkonsultasi dengan guru pembimbing dan dosen pembimbing lapangan untuk membahas langkahlangkah yang akan ditempuh mahasiswa dalam mempersiapkan Praktik Lapangan Terbimbing. Dalam pembuatan RPP mahasiswa mendapat bimbingan dan arahan secara langsung dari guru pembimbing lapangan, mulai dari pembuatan sampai dengan pelaksanaan RPP. Selam kegiatan belajar mengajarberlangsung di kelas, mahasiswa PLT tidak lepas dari pengawasan dan bimbingan guru pmbimbing dikarenakan kebijakan dari universitas mengharuskan mahasiswa PLT didampingi oleh guru pembimbing. Setelah pelaksanaan RPP selesai, guru pembimbing mengevaluasi pelaksanaan RPP di kelas dan memberikan masukan-masukan untuk pelaksanaan RPP selanjutnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Bahasa Jerman, SMA Negeri 5 Yogyakarta, Praktik Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Sep 2018 01:42
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59628

Actions (login required)

View Item View Item