LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA

BAYU ARDHANESWARI, BAYU ARDHANESWARI (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAYU ARDHANESWARI PEND BHS JERMAN 14203241027.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta merupakan mata kuliah wajib ditempuh oleh mahasiswa kependidikan. Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dilaksanakan di SMA Negeri 5 Yogyakarta ini bertujuan untuk meningkatkan potensi, bakat dan minat mahasiswa program studi kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta dalam kaitannya dengan kompetensinya sebagai calon pendidik serta merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikkan ilmu yang bersifat teoretis yang diterima di perkuliahan. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut dan sekaligus mencari ilmu yang bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat kegiatan perkuliahan. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) di SMA Negeri 5 telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 15 September sampai dengan 15 November 2017. Kelompok PLT terdiri dari 29 mahasiswa dari berbagai jurusan. Program yang dijalankan merupakan program pengajaran mata pelajaran bahasa Jerman untuk siswa-siswi SMA Negeri 5 Yogyakarta, sesuai dengan program studi yang ditempuh oleh penyusun. Pada kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) di SMA Negeri 5 Yogyakarta ini, penyusun mendapat kesempatan untuk mengajar di sebelas kelas, yaitu XI IPS, XII IPA 1 – 7 dan XII IPS 1 - 3. Namun, penyusun tidak hanya melaksanakan praktik mengajar di kelas saja, penyusun juga belajar melaksanakan piket guru, piket UKS dan juga piket perpustakaan. Kegiatan PLT yang dilaksanakan meliputi praktek mengajar, pembuatan soal evaluasi, pembuatan media dan pembuatan RPP serta kegiatan lainnya. Dalam melaksanakan kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing, mahasiswa menggunakan metode yang tersusun secara berurutan, yang dimulai dari melakukan observasi kondisi sekolah serta pembelajaran di kelas dan peserta didik dengan bimbingan guru pembimbing. Setelah melakukan observasi, mahasiswa berkonsultasi dengan guru pembimbing dan dosen pembimbing lapangan untuk membahas langkahlangkah yang akan ditempuh mahasiswa dalam mempersiapkan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT). Dalam Pembuatan RPP mahasiswa mendapat bimbingan dan arahan secara langsung dari guru pembimbing lapangan, mulai dari pembuatan sampai dengan pelaksanaan RPP. Selama kegiatan belajar mengajar berlangsung dikelas, mahasiswa PLT tidak lepas dari pengawasan dan bimbingan guru pembimbing dikarenakan kebijakan dari sekolah mengharuskan mahasiswa PLT didampingi oleh guru pembimbing. Setelah pelaksanaan RPP selesai, guru pembimbing mengevaluasi pelaksanaan RPP di kelas dan memberikan masukanmasukan untuk pelaksanaan RPP selanjutnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Bahasa Jerman, SMA Negeri 5 Yogyakarta, Praktik Mengajar.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Sep 2018 01:41
Last Modified: 01 Oct 2019 11:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59626

Actions (login required)

View Item View Item