LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA

Syifa Nurrahmah, Syifa Nurrahmah (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SYIFA NURRAHMAH_PENDIDIKAN AKUNTANSI_14803244023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) yang telah dilaksanakan mahasiswa pada tanggal 15 September sampai dengan 15 November 2016 merupakan wahana bagi mahasiswa untuk melatih meningkatkan kualitas diri dalam hal pembelajaran di sekolah. PLT merupakan kegiatan latihan kependidikan yang wajib dilakukan oleh seluruh mahasiswa kependidikan di UNY yang bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dengan kegiatan PLT ini diharapkan mahasiswa memiliki bekal untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional dan memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam profesi. Kegiatan selama PLT yang berlokasi di SMA Negeri 5 Yogyakarta antara lain: observasi pra PLT yang meliputi kegiatan observasi fisik dan observasi proses belajar mengajar. Dalam kegiatan PLT ini, mahasiswa melakukan praktik mengajar kelas XII IPS 3 untuk mata pelajaran akuntansi yang setiap minggunya terdiri dari 3 jam pelajaran. Dalam praktik mengajar, mahasiswa menggunakan metode ceramah, diskusi, dan penugasan. Materi yang digunakan selama parktik mengajar adalah akuntansi perusahaan dagang yang terdiri dari laporan keuangan, pencatatan persediaan barang dagang, jurnal penutup dan buku besar setelah penutupan (posting). Kegiatan persiapan meliputi observasi pembelajaran di kelas yang dilakukan pada saat KBM di kelas berlangsung, selain itu, dilakukan juga evaluasi bersama guru pembimbing agar praktik yang dilakukan selanjutnya berjalan lebih baik. Seluruh kegiatan PLT dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar meskipun ada sedikit hambatan dalam pelaksanaannya baik itu dikarenakan kurangnya pesiapan maupun hambatan yang ditemui dalam praktik di kelas. Namun demikian, hambatan tersebut dapat teratasi berkat hubungan dengan guru pembimbing, pihak sekolah dan sarana prasarana yang mendukung dalam pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Pendidikan Akuntansi, SMA Negeri 5 Yogyakarta,
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Sep 2018 01:29
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59610

Actions (login required)

View Item View Item