LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017/2018 LOKASI MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA 1

Mei Indriani, Mei Indriani (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2017/2018 LOKASI MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA 1. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
17. MEI_14804241052_P.EKONOMI_ISI.pdf

Download (780kB) | Preview

Abstract

Mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta diwajibkan menempuh mata kuliah wajib sesuai kurikulum yang dicanangkan. Salah satu mata kuliah wajib tersebut adalah Praktik Lapangan Terbimbing (PLT). Mata Kuliah yang memiliki bobot 3 sks ini bertujuan mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi calon tenaga pendidik. Mahasiswa PLT diharapkan mampu untuk memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang tenaga pendidik. Program Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pengabdian Diri kepada Masyarakat. Dalam hal ini pelaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan dilakukan di MAN 1 Yogyakarta yang terletak di Kota Yogyakarta. Pelaksanaan kegiatan PLT dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PLT yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Pelaksanaan PLT dilaksanakan di 3 kelas, yaitu X Keagamaan, X BB dan XI IPS 1 dengan masing-masing 3 kali pertemuan di kelas X keagamaan, 11 kali pertemuan di kelas X BB dan 11 kali pertemuan di kelas X IPS 1 dalam KBM. Dalam pelaksanaannya, praktikan juga mengalami beberapa hambatan seperti kurangnya fasilitas yang dimiliki oleh pihak sekolah guna mendukung proses pembelajaran, adanya siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran, siswa yang lebih sering bermain game saat pembelajaran dan siswa yang sering ngobrol sendiri. hambatan tersebut dapat diatasi dengan memodifikasi pembelajaran dengan variasi yang lebih menyenangkan, seperti adanya game saat pembelajaran, menjalin komunikasi dengan siswa, dan berkonsultasi dengan guru pembimbing secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dari sebelumnya. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan PLT selama dua bulan di MAN 1 Yogyakarta ini dapat dirasakan hasilnya oleh mahasiswa. Hasil tersebut berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan dalam bidang pendidikan ekonomi yang diperoleh di bangku perkuliahan, meningkatkan dan mengembangkan kompetensi mahasiswa di bidang keguruan dan atmosfer MAN 1 Yogyakarta yang kondusif dan bernuansa islami.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT UNY 2017, UNY
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Sep 2018 01:23
Last Modified: 01 Oct 2019 11:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59602

Actions (login required)

View Item View Item