LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) MAN 1 YOGYAKARTA

Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum, Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) MAN 1 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
7. NAOMI_14401244018_PKNH.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah praktik yang wajib ditempuh oleh mahasiswa jurusan kependidikan sebagai salah satu syarat dalam memperoleh gelar sarjana pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) ini bertujuan untuk mengembangkan dan menerapkan ilmu yang telah diperoleh mahasiswa jurusan kependidikan selama kuliah agar dapat diterapkan dalam kehiduapan nyata, khususnya di lembaga pendidikan formal, lembaga pendidikan nonformal serta masyarakat. Melalui kegiatan Prraktik Lapangan Terbimbing (PLT) ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk menjadi tenaga kependidikan yang profesional serta siap memasuki dunia pendidikan, serta mempersiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan atau calon guru yang memiliki kompetensi pedagogik, sosial, kepribadian, dan profesional sebagai seorang tenaga pendidik. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) dilaksanakan selama kurang lebih 2 (dua) bulan di MAN 1 Yogyakarta yang beralamat di Jalan C. Simanjuntak Nomor 60 Yogyakarta . Dimulai pada tanggal 15 September 2017 dan diakhiri pada tanggal 15 November 2017. Kegiatan PLT yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar atau pelaksanaan dan evaluasi atau tindak lanjut. Secara umum pelaksanaan PLT telah terlaksana sebanyak 8 (delapan) kali secara terbimbing dan mandiri di Kelas XI IPS 3, X IPA 1, XI IPA 2, X IPA 1, X IPA 2, X IPA 3 dan X IPA 4. Praktik mengajar di kelas dapat dikatakan berjalan dengan lancar karena siswa/siswi di MAN 1 Yogyakarta aktif dalam kegiatan pembelajaran, meskipun terkadang terdapat beberapa kendala atau masalah yang dihadapi baik secara internal maupun eksternal namun hal tersebut masih dapat diatasi. Dalam pelaksanan kegiatan pembelajaran praktikan menggunakan metode diskusi, tanya jawab, analisis berita, make a match, square words dan mind mapping. Dengan adanya kegiatan PLT ini, mahasiswa memperoleh pengalaman dan gambaran nyata tentang dunia pendidikan khususnya mengajar di sekolah. Melalui kegiatan PLT ini mahasiswa dapat mendalami proses pembelajaran PPKn secara langsung, menumbuhkan rasa tanggungjawab, dan profesionalisme sebagai calon guru PPKn. Harapannya, kerjasama Universitas Negeri Yogyakarta dengan MAN 1 Yogyakarta dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi agar kegiatan PLT di tahun berikutnya menjadi lebih baik dan bermanfaat bagi pengembangan sekolah, siswa dan bagi mahasiswa praktikan sendiri.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Lapangan Terbimbing (PLT), Praktik, Mengajar
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Sep 2018 01:20
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59592

Actions (login required)

View Item View Item