LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING LOKASI: SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA

Frida Shona Kumara Muniroh, Frida Shona Kumara Muniroh (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING LOKASI: SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Frida Shona (pend.Bahasa Prancis).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan dari perguruan tinggi adalah melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Salah satu isi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah Pendidikan dan Pengajaran. Praktik Lapangan Terbimbing atau PLT yang diadakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta merupakan bukti nyata pewujudan dari bunyi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang pertama. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang diambil oleh jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam pelaksanaan PLT, mahasiswa diharapkan terjun langsung dalam proses kependidikan di sekolah-sekolah, baik dalam proses administrasi maupun proses belajar mengajar. Dengan adanya praktik di sekolah-sekolah bertujuan memberikan pengalaman langsung terhadap mahasiswa agar nantinya ketika mahasiswa sudah siap ketika terjun langsung ke dunia pendidikan. Hal yang perlu dipersiapkan adalah rancangan kegiatan PLT. Rancangan kegiatan PLT digunakan sebagai bahan acuan untuk pelaksanaan PLT di sekolah. Adapun rancangan kegiatan PLT UNY 2017 adalah program kerja PLT meliputi program mengajar (penyusunan analisis pemetaan KI - KD, penyusunan silabus, penyusunan RPP, penyusunan evaluasi pembelajaran, pembuatan media pembelajaran, konsultasi guru pamong, konsultasi DPL PLT, praktik mengajar, dan mengoreksi pekerjaan siswa) dan program non-mengajar (upacara bendera, inventarisasi perpustakaan, membantu administrasi, piket lobi, dan salam pagi). Pelaksanaan PLT di SMA Negeri 10 Yogyakarta dimulai dari tanggal 15 September 2017 sampai 16 November 2017, mahasiswa praktikan berkesempatan mengajar Bahasa Prancis di kelas X IPS 1 dan X IPS 2 dengan jumlah jam mengajar 2,25 jam (3 jam pelajaran) per minggu. Selain program mengajar, mahasiswa praktikan juga melaksanakan berbagai macam kegiatan non-mengajar yang berhubungan dengan administrasi sekolah. Kegiatan PLT yang dilakukan membuat mahasiswa praktikan menjadi lebih siap dengan situasi lapangan karena ikut serta langsung dalam kegiatan pendidikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Bahasa Prancis, SMA Negeri 10 Yogyakarta
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 10 Sep 2018 00:36
Last Modified: 01 Oct 2019 11:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/59533

Actions (login required)

View Item View Item